Sabtu, 23 Juni 2012

Inilah 8 Benda Wajib Dibawa Saat Wawancara Kerja

img 
Saat mendapat panggilan untuk wawancara kerja, selain mental, kondisi fisik yang sehat dan penampilan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan. Seperti dikutip dari Savvy Sugar dan Jobacle, ini delapan benda yang wajib ada di dalam tas saat wawancara kerja.
 
1. Catatan Nomor Telepon Perusahaan
img
Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan menuju kantor tempat Anda akan melakukan wawancara kerja. Misalnya saja adanya kecelakaan di jalan yang membuat kondisi lalu lintas menjadi macet. Dengan memiliki nomor telepon perusahaan tersebut, Anda bisa memberitahukan kendala yang dihadapi. Sehingga bisa meminta kesempatan untuk melakukan wawancara kerja di lain waktu.

2. Surat Referensi
img
Apabila memiliki surat referensi, bawalah secara terpisah dengan resume Anda. Hal tersebut dapat menunjukkan seberapa profesional Anda. Alangkah lebih baik lagi jika pewawancara meminta Anda menunjukkan referensi yang dimiliki. Ini akan memperlihatkan antusias perusahaan terhadap Anda.

3. Copy Resume
img
Selain surat referensi, resume juga perlu dibawa. Biasanya perusahaan yang mengundang untuk hadir dalam sesi wawancara kerja, sudah mencetak resume yang Anda berikan saat melamar pekerjaan. Namun, ada juga perusahaan yang tidak mencetaknya dan meminta lagi resume Anda. Jadi sebaiknya siapkanlah sebagai cadangan untuk menolong Anda di waktu buruk yang kemungkinan akan terjadi.
 
4. Notes
img
Biasanya ada beberapa pewawancara akan menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan untuknya. Dengan adanya notes kecil, Anda bisa menulis berbagai pertanyaan yang ingin diajukan supaya tidak lupa. Jika pihak perusahaan menjelaskan sesuatu yang penting, Anda juga bisa mencatatnya di notebook tersebut.

5. Pulpen
img
Dengan membawa notes tapi tidak membawa pulpen akan menjadi percuma. Jadi sebaiknya Anda mempersiapkan pulpen atau pensil di dalam tas untuk mempermudah Anda mencatat sesuatu jika memang diperlukan. Karena terkadang saat melakukan wawancara kerja, ada beberapa berkas yang harus Anda isi dan diserahkan ke perusahaan.
 
6. Tisue
img
Bisa saja selama perjalanan ke tempat wawancara Anda terkena alergi debu atau angin yang menyebabkan bersin-bersin dan hidung berair. Maka tisue sangat dibutuhkan untuk kondisi tak terduga. Tentunya sungguh tidak mengenakkan dilihat kalau selama wawancara, perekrut lebih fokus memerhatikan hidung Anda yang basah.

7. Permen Mint
img
Bau mulut tak sedap bisa menyerang kapan saja, bahkan ketika Anda sudah menggosok gigi dan flossing sebelum berangkat wawancara kerja. Mulut yang kering pun bisa menyebabkan bau tak sedap. Karena itu sediakan selalu permen mint di dalam tas agar napas Anda segar ketika berbicara dengan interviewer. Sesi wawancara bisa jadi berantakan kalau konsentrasi pewawancara buyar karena bau mulut yang tak sedap.
 
8. Sebotol Air Minum
img
Saat wawancara kerja, biasanya orang akan mengalami tegang bahkan stres, yang menyebabkan tenggorokan terasa kering sehingga bisa mengganggu konsentrasi saat menjawab pertanyaan. Menyiapkan sebotol air minum dalam tas bisa jadi penolong Anda. Selain menghilangkan dahaga, air putih juga bisa meminimalisir kecemasan dan membuat Anda lebih rileks.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"