Kamis, 31 Mei 2012

Inilah 5 Kolaborasi Cokelat dan Teknologi

 img
Tak henti-hentinya cokelat menjadi bahan eksperimen para produsen. Inovasi berbahan cokelat pun jadi benda unik yang memikat Mulai dari virtual reality chocolate, chocolate records sampai cokelat yang tak akan meleleh.

Karena cokelat menjadi favorit banyak orang maka para produsen selalu berlomba menciptakan inovasi. Termasuk kolaborasi cokelat dan teknologi. Selain unik, rasanya juga enak apalagi bentuknya juga menarik, seperti 5 jenis inovasi ini.

1.Virtual reality chocolate
img
Produsen cokelat ternama, Cadbury, memperkenalkan produk 'augmented reality' atau teknologi yang mampu menggabungkan benda maya ke dunia nyata. Untuk itu Cadbury bekerjasama dengan Blippar, yang merancang game interaktif. Caranya, konsumen harus mengarahkan smartphone pada Cadbury chocolate bar, kemudian kamera akan mengidentifikasinya dan menjalankan permainan 'Qwa Smack'.
 
2. TCHO 
img
TCHO alias sinonim dari 'chocolate and technology'. Sebuah perusahaan cokelat terkemuka di San Fransisco. TCHO telah menjadi salah satu perusahaan cokelat yang paling inovatif. Perusahaannya mampu bertatap muka dengan petani cokelat di Peru dan melakukan banyak hal yang biasanya hanya bisa dilakukan jika bertemu langsung. Teknologi ini membuat komunikasi antar perusahaan dan petani jadi lebih lancar dan efisien. Hasilnya, cokelat produksinya jadi lebih berkualitas. TCHO juga mengembangkan aplikasi di iPhone untuk mengawasi pabriknya. Selain itu, mereka juga sedang mengembangkan 'virtual factory world', karyawan dan pembeli bisa berinteraksi langsung.

3.Chocolate records 
img
Ide pembuatannya berawal dari seorang pembuat roti asal Skotlandia dan seorang ahli pembuat cokelat, Ben Milne. Mereka mencari cara untuk membantu promosi band rekannya yang baru mengeluarkan album. Akhirnya mereka membuat 'playable LP record' yang dibuat dari cokelat murni. Chocolate disc ini pun sukses jadi sorotan karena sangat unik!

4.Non-Melting Chocolate
img
Sebuah perusahaan cokelat asal Irlandia, Choc-o-Bloc, mematenkan produk cokelat anti leleh.     Produk yang diberi nama 'Magic Choc' ini berbentuk piringan kecil, yang bisa dibentuk-bentuk     sesuka hati. Cokelatnya mengandung minyak yang membuatnya bisa lentur dan anti leleh. Tersedia dalam versi dark, milk dan white chocolate.

5. Innovative Chocolate
img
Benda ini dibuat oleh Callebaut, yang memenangkan kompetisi prestisius di Eropa 'Food Ingredients' dalam kategori 'most innovative food ingredient'. Callebaut membuat produk Terra Cacao. Sebenarnya, produk ini adalah hasil penelitian di sebuah universitas untuk membuat produk berkualitas tinggi dari bahan cokelat. Mereka memproduksi cokelat alami dan dibuat dari cokelat pilihan terbaik yang alami. (detikfood.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"