Kamis, 31 Mei 2012

Inilah 6 Nutrisi yang Membantu Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

img
Tak ada metode penurunan berat badan instan yang aman. Untuk mendapatkan tubuh langsing cara sehat, tentunya perlu waktu dan ketekunan. Mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, tinggi serat dan berkabohidrat kompleks serta diimbangi dengan olahraga merupakan cara menurunkan berat badan yang ideal. Namun Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal dengan mengonsumsi beberapa nutrisi di bawah ini, seperti yang dikutip dari Shape.

1. EGCG
EGCG atau Epigallocatechin gallate adalah sejenis antioksidan yang mampu meningkatkan produksi panas tubuh dengan membakar kalori dan mengubah lemak menjadi energi. Penelitian juga menunjukkan bahwa EGCG dapat menekan munculnya sel-sel lemak baru dalam tubuh. Secara alami EGCG bisa didapat dengan mengonsumsi teh hijau.

2. DHA
Docosahexaenoic acid atau yang lebih dikenal dengan DHA adalah salah satu jenis lemak Omega-3 yang biasanya terdapat pada minyak ikan seperti salmon. Seperti yang diungkapkan pada studi Journal of Nutrition, DHA dapat menahan perkembangan sel-sel lemak baru, bahkan membunuhnya. Anda bisa mendapatkan DHA pada minyak ikan atau suplemen minyak ikan. Jika Anda seorang vegertarian, coba ganti dengan suplemen ganggang berbasis DHA.

3. Asam Asetat
Studi di Italia menjelaskan bahwa dengan menambahkan lebih dari satu sendok makan cuka pada makanan (salad) dapat memangkas 30 persen kadar gula darah yang terdapat dalam sajian tersebut. Ya, cuka merupakan asam asetat dalam bentuk encer yang mudah dicari. Dengan mengontrol gula darah berarti Anda juga bisa mnegatur berat badan serta menjaga kerampingan tubuh Anda.

4. Protein
Daging, ikan, susu dan kedelai menjadi pembentuk protein terbanyak dibandingkan makanan lain. Asam-asam amino di dalam tubuh menyusun protein yang menyebabkan tubuh melepaskan hasil pembakaran lemak dan menstabilkan energi. Tubuh sebenarnya membutuhkan protein sebagai sumber energi ketimbang karbohidrat atau lemak, sebab protein lebih sulit dicerna sehingga dan menghasilkan energi yang lebih lama bagi tubuh. Protein terbaik bisa Anda temukan pada yoghurt, keju, telur dan ayam bakar organik.

5. Kafein
Komponen paling potensial dalam menurunkan berat badan yang dapat Anda konsumsi sehari-hari adalah Kafein. Kafein bertanggung jawab untuk memobilisasi lemak yang menumpuk dan mengubahnya menjadi energi. Mudah, murah, praktis. Jika Anda menginginkan pembakaran lemak esktra besar, Anda bisa memilih secangkir kopi hitam daripada segelas teh hijau. Tapi batasi konsumsinya, maksimal tiga cangkir sehari dan sebaiknya minum sebelum olahraga karena bisa berfungsi sebagai fat burner.

6. Serat
Serat sering disebut-sebut sebagai nutrisi terbaik dalam menurunkan berat badan karena serat memperlambat kinerja pencernaan dan menjaga gula darah agar tetap stabil. Serat juga mengoptimalkan hormon yang dilepaskan ke pencernaan dan bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang dalam tubuh Anda. Serat banyak terkandung pada oatmeal, sayur dan buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"