Jumat, 01 Juni 2012

Inilah 4 Cara Atasi Masalah Keuangan Bagi Pasangan Menikah

img
 
Masalah keuangan, jika tidak segera diatasi bisa membahayakan kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu, ada baiknya Anda dan pasangan duduk bersama dan menyelesaikan masalah keuangan, terutama melunasi utang. Seperti yang dikutip dari the nest, ikuti empat langkah ini.

1. Akui Dosa Anda
Sekarang saatnya Anda dan pasangan mengakui segala hal. Mulai dari berapa jumlah kartu kredit hingga total hutang yang dimiliki. Taruh seluruh laporan bak dan kartu kredit, beritahu pasangan mengenai aset serta utang atau segala hal yang berhubungan dengan cash flow di masa depan. Pelajari bersama segala hal mengenai laporan kredit Anda dan pasangan.

2. Cari Tahu Kerusakan
Anda dan pasangan harus mengetahui: Berapa banyak utangmu? Berapa jumlah penghasilan Anda tiap bulan? Apakah Anda memiliki dana pensiun, saham, asuransi jiwa atau investasi? Berapa pengeluaran Anda tiap bulan? Apakah Anda memiliki dana darurat? Setelah mengetahui semua hal itu, segera taruh informasi itu dan rapikan dalam bentuk spreadsheet.

3. Melakukan Aksi
Setelah Anda mengetahui segala hal, termasuk utang dan memasukannya ke dalam bentuk dokumen yang mudah dibaca, sekarang saat yang tepat untuk membuat anggaran. Mulailah dari menggabungkan pendapatan bulanan Anda dan pasangan dan menghintung kebutuhan tiap hari, bulanan, dan tahunan. Misalnya, makanan, biaya listrik hingga PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

4. Lakukan Pemeriksaan Tiap Bulan
Lakukan tinjauan tiap bulannya. Jika Anda menghabiskan biaya lebih dari yang diperhitungkan, potong kelebihan tersebut dari biaya bulan depan. Tapi jika Anda bisa lebih hemat, gunakan uang tersebut untuk menghibur diri dan pasangan. Ingat, Anda juga mengenai kebutuhan yang lebih banyak pada musim liburan, bulan ulang tahun dan hari Raya (http://wolipop.detik.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"