Selasa, 29 Mei 2012

Inilah 4 Cara Mengatasi Kantuk di Kantor

Menahan rasa kantuk di kantor merupakan hal yang paling menyebalkan. Pekerjaan yang menumpuk menjadi tidak dapat diselesaikan secara maksimal. Terlebih lagi jika rasa kantuk tersebut terjadi saat di tengah-tengah rapat penting. Semuanya bisa jadi kacau, sehingga tidak dapat konsentrasi. Seperti dikutip dari Times of India, sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda terlepas dari masalah tersebut.

1. Tidur Lebih Awal
Selama di kantor, berapa kali merasa diri Anda menguap saat sedang bekerja? Berapa kali Anda bolak-balik ke pantry hanya untuk menyeduhkan kopi agar menghilangkan rasa kantuk?

Tak sedikit orang merasakan rasa kantuk di tempat kerja karena beberapa alasan. Menurut para ahli, alasan dengan urutan teratas yaitu kebanyakan dari mereka mulai mengantuk di kantor pada siang hari. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya tidur atau kebiasaan tidur yang buruk di malam harinya. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk istirahat di malam hari secara teratur. Dengan begitu Anda dapat tidur nyenyak pada malam harinya.

2. Jeda & Rileks
Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk bekerja di belakang meja, sebaiknya sering-seringlah Anda mengambil waktu luang sedikit untuk jalan ke pantry, toilet atau ke ruangan rekan kerja. Hal ini untuk dapat membuat Anda menjadi lebih rileks, serta menghindari rasa kantuk.

Pada saat makan siang, Anda juga bisa mengambil waktu sekitar 10 menit untuk berjalan kaki di area kantor. Misalnya ke mini market yang berada di dekat kantor atau sekedar ke kantin. Ini akan membuat Anda merasa lebih segar.
img
3. Pejamkan Mata
Memejamkan mata sejenak di tempat kerja juga bisa dilakukan. Namun, pastikan Anda melakukannya selama waktu istirahat. Kekuatan tidur siang selama 10 hingga 15 menit dapat membuat semangat bekerja bangkit kembali.

4. Hindari Menatap Monitor Terlalu Lama
Selain itu, hindarilah melihat layar komputer selama berjam-jam tanpa istirahat apapun. Hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan rasa kantuk jadi semakin memburuk. Penting untuk Anda menghindari layar komputer sesaat secara teratur untuk bersantai dan mengistirahatkan mata. (http://wolipop.detik.com).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"