Jumat, 01 Juni 2012

Inilah 5 Makanan Alami Penambah Energi

img

Banyak kegiatan sepanjang hari sering mendorong orang minum minuman berenergi atau suplemen penambah energi. Padahal pasokan energi alami bisa didapatkan dari makanan. Karena makanan memiliki berbagai zat gizi yang bermanfaat.

Minuman dan suplemen penambah energi memang bisa lebih cepat memasok energi tetapi tidak tahan lama. Sebaliknya makanan dengan kandungan serat, karbohidrat, protein dan vitamin justru memberi energi alami yang tahan lama. Seperti 5 jenis makanan pemasok energi yang disarakan oleh cookinglight ini:

1. Edamame

img

Makan camilan kedelai Jepang ini tiap 3-4 jam akan membuat kadar gula darah terjaga. Edamame mengandung serat, kabohidrat kompleks dan lemak dengan kandungan protein 16 g per mangkuk dan kurang dari 200 kalori.

Selain itu kaya magnesium dan vitamin B yang diperlukan untuk mengubah karbohidrat jadi energi. Edamame bisa direbus dan dikukus dan bisa dimakan sebagai camilan.
 
2. Kepiting 
img
Kepiting kaya akan protein, vitamin B12 yang bisa membuat mood tetap stabil dan tidak mudah letih. B12 menjaga butiran darah merah tetap sehat dan mendistribusikan oksigen ke otak sehingga lebih jernih berpikir.

Selain itu kepiting yang dagingnya gurih ini bisa diolah sebagai salad, campuran nasi goreng, omelet atau isian sandwich.

3. Teh hijau 
img
Teh ini kaya akan L-Theanine, asam amino yang membuat kita selalu terjaga dan berkonsentrasi tanpa kecanduan. L-theanine juga mencegah kehilangan energi karena sakit dan flu, berdasarkan riset yang dimuat di Journal of the American College of Nutrition. Minumlah 2 cangkir per hari.
 
4. Kopi
img
Riset menemukan kopi bisa mengurangi resiko depresi dan bisa memicu energi. Riset dari Harvard School of Public Health dan Columbia University terhadap 50,000 wanita mendapati bahwa mereka yang minum 4 cangkir kopi per hari, resiko moodnya jadi buruk menurun hingga 20%. Kopi bisa diminum sebagai kopi tubruk, cappuccino dengan tambahan krim.

5. Melon 
img
Beragam jenis melon seperti melon hijau, oranye atau semangka bisa memberi pasokan energi, vitamin dan mineral secara spontan. Karena buah ini 90%nya berupa air maka akan membuat Anda tetap terhidrasi. Bisa dimakan segar, dijadikan jus, smoothies atau campuran salad buah atau es buah (detikfood.com).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"