Rabu, 30 Mei 2012

Inilah 8 Makanan yang Perlu Kita Dicermati

Suka minum cokelat dan soda? Atau Anda menghindari kopi dan telur karena khawatir efek buruknya? Ternyata tak semua makanan berefek buruk bagi kesehatan. Coba saja cermati 8 makanan berikut ini!

Makanan atau pun minuman yang masuk ke dalam tubuh, seharusnya bisa membawa manfaat. Tapi terkadang kita lupa berapa jumlah yang seharusnya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat itu. Yang ada justru mengjindari makanan ataupun minuman tersebut. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang perlu diperhatikan jumlah penyajiannya.

1. Kopi
Tidak sedikit orang yang tidak mau minum kopi karena takut akan efek negatifnya. Padahal kopi hitam tanpa gula dan krimer justru bisa jadi muman yang baik untuk tubuh. Seperti mengurangi resiko diabetes, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dalam sehari boleh mengkonsumsi hingga dua cangkir kopi hitam tanpa tambahan apapun. Agar kalsium tulang tetap terjaga, tambahkan susu segar ke dalam secabngkir kopi.

2. Cokelat
Dark cokelat mengandung 70% kokoa murni. Kandungan gula nya lebih sedikit jika dibandingkan dengan white chocolate ataupun milk chocolate. Dark Chocolate mengandung polyphenol dan flavonoid antioxidants yang juga banyak dijumpai pada teh hijau. Cokelat ini bisa mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menekan resiko terserang stroke. Meskipun cokelat sehat, kandungan lemak adna kalori nya juga cukup tinggi. Jadi, cukup konsumsi cokelat 2 ons perhari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Soda
Minuman yang satu ini tidak pernah memiliki nilai lebih, tapi herannya justru banyak yang menyukainya. Soda bisa mengikis kalsium pad atulang dan kadar gulanya cukup tinggi.

4. Oatmeal
Oatmeal adalah salah satu menu sarapan yang cukup digemari. Oatmeal memang sangat dianjurkan karena bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah. Tapi penelitian di Boston Children's Hospital menemukan kalau anak-anak hanya mengkonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan justru akan meningkatkan konsumsi kalori sebanyak 80% dalam sehari jika dibandingkan menu sarapan lengkap dengan sayur dan buah.

5. Pizza
Secara keseluruhan, pizza bukanlah makanan terbilang sehat. Tapi kalau ditilik lagi dari topping yang digunakan, pizza bisa jadi makanan yang cukup sehat. Salah satunya jika pizza tersebut bertopping tomat yang kaya akan lycopene, olive yang mengandung antioksidan dan bisa megnhindarkan Anda dari kanker dan kolesterol.

6. Telur
Tidak sedikit orang yang beranggapan kalau telur adalah sumber kolesterol. Padahal berdasarkan hasil penelitian tidak menunjukkan demikian. Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang cukup baik. Selain itu telur organic kini mengandung asam lemak omega 3 seperti yang terdapat pada ikan.

7. Ikan
Mengkonsumsi ikan dua kali dalam satu  minggu bisa membantu Anda mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Ikan, khususnya salmon dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang juga bisa menurunkan resiko diabetes. jenis ikan lainnya adalah sardin, herring, dan mackarel.

8. Pemanis Tambahan
Banyak orang menggunakan pemanis tambahan atau gula diet untuk menjaga tubuh tetap slim. Berdasarkan penelitian, apapun bentuk pemanisnya, baik natural a tau tidak tetap saja menjadi sumber penambahan berat badan. Jika Anda mengkonsumsi pemanis ini sebagai pengganti gula biasa namun dengan jumlah yang tidak juga dikurangi maka hasilnya akan sama saja. Bobot tubuh bertambah dan kecenderungan terkena diabetes tetap saja ada. (detikfood.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"