Rabu, 30 Mei 2012

Inilah 6 Makanan Yang Menyehatkan Pencernaan

img
Serat merupakan salah satu nutrisi penting untuk pencernaan. Selain itu serat juga membantu mengangkat kotoran di dalam usus sehingga metabolisme berjalan lancar. Asal pandai memilih ada banyak buah yang kaya akan serat.

Seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics bernama Karen Ansel mengungkapkan bahwa serat sangat penting untuk pencernaan. Juga dapat membantu Anda kenyang lebih lama khususnya bagi penderita diabetes. Serat juga membantu program diet penurunan berat badan.

Berikut enam makanan yang mengandung banyak serat:
1. Kacang-kacangan
img
Tidak hanya sayuran atau buah-buahan, ternyata kacang juga mengandung serat tinggi. Seperempat cangkir almond mengadung 4 gram serat. Namun masing-masing kacang memiliki kandungan serat yang berbeda.

2. Biji Chia
img
Biji chia memiliki dua jenis serat yaitu serat larut dan tak larut. Satu sendok makan chia mengandung 6 gram serat. Karena bijian ini mudah menyerap air sebaiknya setelah mengkonsumsinya jangan langsung minum air.

3. Bawang bombay
img
Jenis bumbu yang satu ini ternyata juga kaya akan serat. Satu buah bawang bombay mengandung 2 gram serat. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, bawang punya serat yang larut dalam air untuk membantu menurunkan kolesterol.

4. Gandum
img
Gandum sering digunakan sebagai bahan pembuat roti. Secangkir gandum mengandung 8 gram serat. Sumber serat yang satu ini bisa dikonsumsi setiap hari. Gandum utuh juga bisa dicampurkan dalam salad atau dibuat sup.

5. Kiwi
img
Buah yang rasanya manis segar ini punya warna yang cantik saat dibelah. Dalam satu buah kiwi terkandung 2 gram serat. Kiwi bisa dijadikan sebagai menu camilan bisa dimakan segar atau dicampur dalam salad buah.

6. Apel
img
Apel adalah buah yang mengenyangkan, kandungan seratnya sekitar 4 g per buah. Buah ini dapat melengkapi jumlah serat harian Anda. Buah ini memang paling enak dimakan segar, jika bosan bisa dibuat jus atau salad. (detikfood.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"