Selasa, 09 Juli 2013

Pakaian Adat dari Berbagai Negara di Dunia

Albania
Sebagai satu-satunya di Eropa yang mayoritas Muslim (Albania adalah 70% Islam, walaupun sangat nominal), pakaian Albania terang-terangan mengungkapkan pengaruh Turki sebagai akibat dari hampir 500 tahun pemerintahan Ottoman setelah kemenangan jihad melawan mereka Gjergj Skanderbeg. ada beberapa pengaruh Yunani dan Slavia juga, sebelum serangan Islam.

Belarusia
kostum belarus sebagian besar berasal dari Rusia dan pengaruh regional lainnya, yang mencerminkan warisan Slavia mereka yang kuat.

Bosnia
kostum Bosnia sangat berbeda karena sejarah yg tidak biasa di Balkan. Mereka adalah orang-orang Slavia berbicara dalam bahasa Slavia, meskipun sekitar 40% dari populasi adalah Islam nominal karena hampir 500 tahun dari pemerintahan Turki dan sering dipaksa konversi. Dengan demikian, kita melihat Turki sedikit gaya dalam pakaian mereka.

Bulgaria
pakaian tradisional bulgaria unik dalam dirinya sendiri, tetapi sangat cenderung seperti orang-orang slavia Ada berbagai keragaman dalam kostum untuk pria dan wanita, mencerminkan bangga dan tradisi keluarga yang panjang di Eropa tertua bangsa Slavia. Kota-kota seperti Varna sangat bangga dalam kostum mereka, dan banyak keluarga masih bermasam pribadi untuk pernikahan mereka.

Cheko

China
biasa terbuat dari sutra ataupun dari kapas yang lembut.dan motif dari pakaian tersebut paling sering bergambar naga atau bunga.dan biasanya lagi,,yang memakai pakaian tersebut adalah bangsawan..

India
Biasa di sebut sari Dari semua negara di dunia, India adalah yang paling erat hubungannya dengan kain pakaian yang melilit,membungkus badan, bentuk yang fana lipatan, lipatan, melipat, roti, dan knot yang menghilang segera.sedikit berbeda lebar tetapi biasanya mencakup jarak antara pergelangan kaki dan pinggang dan berkisar dari 2 1 / 2-11 meter panjangnya.

Irlandia, Wales dan Skotlandia
 
Italia
kostum italia sangat beragam, yang mencerminkan sejarah Italia sebagai bangsa yang bersatu jarang sepanjang sejarahnya, meskipun sama mempertahankan daerah etnis dan budaya.

Jerman, Belanda Austria dan Swiss


Pakaian tradisional german agak sedikit beragam.
Kostum utama bagi laki-laki di negara-negara Jerman (norwegia, denmark, Austria, Jerman, dll) adalah bentuk Lederhosen

Untuk perempuan, gaun bervariasi secara luas. Di Brandenburg (negara bagian Berlin perumahan), pakaian tradisional mungkin sedikit pengaruh karena kehadiran Slavia sana sekarang ini dan sebelum kekaisaran Jerman menaklukkan wilayah itu dari negara Polandia yang rusak di bawah Heinrich sang singa. Di Swiss, di mana Jerman adalah mayoritas penduduk, Jerman-Austria umumnya memakai ksotum tersebut. Prancis dan Italia masing-masing minoritas mengenakan gaun. Belanda memiliki perbedaan terkenal mereka sendiri, sebagian besar berasal dari tradisi Jerman karena berbagi warisan dan sejarah. Belgia's Belanda (yang Flemings).

Korea
Namanya "Hanbok"
Hanbok terdiri dari jaket yang bernama jugori dan terusan yang bernama bajidan rok yang bernama chima untuk cewek.untuk cowok biasa memakai sejenis topi yang dipakai untuk semua acara dan juga memakai selempang.biasanya terbuat dari sutra lembut.pakaian itu dipakai untuk menunjukkan strata nya.

Kroasia
pakaian tradisional croatia terjadi akibat perpaduan antara etnik slavia dengan hungaria & jerman yang memerintah selama hampir 1000 tahun

Laos
desain tradisional disarikan dari alam dan mitologis dunia; pria mengenakan sarung dengan pola diblokir atau diperiksa. sarung pria adalah pakaian yang elegan. Ditenun di kotak-kotak dua-lapis sutra lebih berat daripada yang digunakan dalam rok wanita, atau dalam kapas, menghasilkan warna yang berkilauan. rok mengelilingi Pria (yao atau hang), dengan ujung-ujungnya dipelintir bersama di depan.

Latvia
kostum latvia yang relatif sederhana dan hangat karena iklim yang sangat dingin mereka. Kita melihat banyak pengaruh dalam pakaian nasional mereka, termasuk yang mencerminkan penghuni bersejarah bangsa-bangsa (Polandia, Rusia, Swedia, Jerman)

Lithuania
kostum Lithuania yang unik dan berbeda dari semua kostum tetangga lain dalam upaya bersejarah untuk mempromosikan dan menciptakan budaya yang berbeda mencari kebebasan dari pengaruh Soviet dan Polandia.

Macedonia

Malta
kostum maltese sangat unik, yang mencerminkan bangsa yang berbeda pulau sejarah sebagai orang-orang yang independen. Mereka sebagian besar diduga terkait genetik ke Italia dan Mediterannean bangsa dengan budaya yang serupa, meskipun mereka berbicara bahasa Arab yang berkaitan dengan warisan mereka baik dari Phoenecians kuno atau dari orang-orang Arab Muslim.Italia, Yunani, dan Turki berpengaruh dalam pakaian mereka.

Myanmar

namanya "Longyi" biasanya di pakai pada saat acara pernikahan,Orang kaya memakai longyi mahal dari sutera atau serat buatan untuk bisnis sehari-hari.sementara,orang-orang biasa atau serba kurang memakai longyi dengan bahas kapas murah.
Pakaian tradisional di Kamboja ini mirip dengan pakaian tradisional di negara tetangga Laos dan Thailand. Sampot adalah bawahan yang dikenakan oleh kedua jenis kelamin. sampot untuk kelas bawah dan petani perempuan adalah tube skirt (sarung/rok) kira-kira satu setengah meter panjangnya dengan kedua ujungnya dijahit bersama dan dikenakan melilit pinggang dan diamankan dengan kain ikat pinggang. Perempuan dari kelas menengah dan atas lebih suka memakai kben chang sampot.Ini kain persegi panjang sekitar tiga meter panjang dan satu meter lebar dan dikenakan dengan terlebih dahulu melilitkan kain di sekitar pinggang dan peregangan ujung dari badan. Ujungnya yang terulur kemudian memutar bersama-sama dan menarik antara kaki dan ke arah belakang. Ujung-ujungnya diselipkan ke pinggang di bagian belakang, dan sampot chang kben adalah terakhir diikat dengan ikat pinggang kain atau logam. Perempuan dari semua strata sosial mengenakan sampot chang kben pada acara-acara khusus seperti upacara keagamaan dan pernikahan. Pria juga mengenakan sampot chang kben, tapi pola tekstil tradisional yang dikenakan oleh laki-laki berbeda dari yang dikenakan oleh wanita.

Norwegia,Denmark, Swedia, Islandia dan Finlandia

Suku Saami dari Scandinavia utara memiliki pakaian yang sangat unik mereka sendiri karena mereka terisolasi dari budaya Jermanik ke selatan. Etnis mereka adalah sama.

Polandia
Kostum Polandia yang unik, meskipun jelas Slavia. Polandia sebagai salah satu yang paling tua dan paling membanggakan negara-negara Slavia disampaikan pada banyak pengaruh dari budaya Slavia tetangga. Ada juga variasi regional yang signifikan di daerah yang berbeda di mana etnis Polandia tinggal, seperti Ukraina (Galicia), Lithuania, dan Silesia.

Portugal
pakaian tradisional Portugal hampir mirip dengan spanyol dan saudara2 nya tetapi memiliki sedikit perbedaan untuk mencerminkan portugal diliat dari sejarahnya.

Rumania
gaun Romanian sangat unik, menyajikan berbagai pengaruh dari Muslim Turki, Slavia, dan bahkan pekerjaan Gypsy di Romania sepanjang sejarah panjang mereka. kostum Moldova sangat mirip (walaupun juga beragam) karena sejarah umum, budaya, dan bahasa Moldova dan Rumania (Nigeria) telah berbagi, dengan membagi dua negara hanya karena politik Perang Dingin.

Serbia
Serbia sebagai salah satu dari Eropa yang paling dibanggakan orang Slavia Slavia jelas memiliki pakaian tradisional yang umumnya bebas dari pengaruh asing, yang mencerminkan Serbia 'bersejarah ketahanan untuk penaklukan asing bahkan selama ratusan tahun jihad Turki Utsmani. The Montenegro, yang berasal dari ras yang sama, etnis, budaya, bahasa, dan agama warisan dari Serbia tapi memisahkan diri pada tahun 2008, memiliki kostum yang sama secara keseluruhan.

Slovenia
walaupun sangat mirip dengan Slavia sepupu mereka di Kroasia ke tenggara. Ada kehadiran pengaruh Jerman pada legging pria, sebuah warisan dari aturan Austria selama lima abad.

Spanyol
pakaian tradisional spanyol yang unik dan terkenal dari semenanjung Iberia.mengungkapkan Portugis 'dan Spanyol' berbeda warisan dan kedaulatan.Harus diakui bahwa setiap sub-identitas nasional di Spanyol nasional memiliki kostum dan visual warisan.
Basque dari utara spanyol mencoba untuk menggunakan pakaian tradisional mereka yang unik sebagai ekspresi untuk independensi mereka,sejarah dan adat mereka sendiri sebagai tradisi masyarakat spanyol latin yg bebas dari pengaruh asing yang satu2 nya masih hidup

Thailand
biasa dipakai pada saat hari-hari khusus seperti songkran,hari ayah,hari ibu.rata2 terbuat dari sutra

Uzbekistan
Bagian terpenting dari pakaian tradisional cowok Uzbek adalah katun longgar mantel, yang disebut khalat. Yang khalat berlengan panjang, lutut panjang atau lebih, dan terbuat dari kain dengan berbagai warna-warni garis-garis. Bagian bawah lengan, tepi pusat, ehem, dan leher dari mantel yang dijahit bulat dengan dekoratif kepang, yang dipercaya untuk melindungi seseorang dari kekuatan jahat. Jahitan celah untuk memudahkan ketika berjalan, menunggang kuda, atau duduk. Mengenakan mantel dua atau lebih pada waktu yang sama baik umum di musim dingin dan musim panas, dan memberikan seorang pria prestise tertentu dan menunjukkan kesejahteraan keluarga. Kemeja tunik putih dipakai di bawah mantel. Mantel atau baju yang diikat dengan sapu tangan atau dilipat besar sebuah band. Band ini adalah aksesori penting, dan bisa terbuat dari kain halus, dihiasi dengan bordir perak rumit, ditaburi dengan batu dan perak, dengan kantong-kantong kecil untuk tembakau dan kunci. Celana panjang longgar dipotong tetapi dipersempit ke bagian bawah dan dimasukkan ke sepatu bot kulit lembut dengan ujung runcing. Kupluk sedang populer di seluruh Asia Tengah.tubeteika adalah topi yang terbuat dari beludru atau wol, bersulam indah dengan benang sutera atau perak. Selama orang bisa menggantungkan topi turban, atau chalma, dalam warna berbeda. Topi bulu juga dipakai.
nah kalo cewek..Pakaian tradisional cewek terdiri dari tunik, celana, syal, dan mantel. Panjang, tunik longgar lengan lebar telah mencapai hingga pergelangan tangan. Celana panjang longgar-cut sering dibuat dari kain yang sama sebagai tunik, atau keluar dari kain yang saling melengkapi. Bagian bawah celana itu berkumpul dan dihiasi dengan bordir kepang. Mantel perempuan mirip dengan khalat laki laki.

Yunani
kostum yunani ini sangat unik, dengan tidak ada negara lain yang serupa dengan itu. Yunani sangat bangga dengan tradisi militer, dan memperlakukan-mengenakan kostum ini tetap pada lapangan-lapangan umum Athena dengan penuh hormat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto Saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"