Selasa, 17 Juli 2012

Waspadai Sakit Kepala Akibat Dehidrasi

Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan berbagai gangguan fungsi tubuh termasuk fungsi otak seperti: menurunnya konsentrasi dan daya pikir. Dehidrasi juga menyebabkan timbulnya sakit kepala baik kronik maupun akut. Dalam kasus yang parah, dehidrasi bisa menyebabkan seseorang pingsan bahkan resiko kematian.
Untuk Anda yang belum mengetahui banyak tentang dehidrasi, berikut ini adalah penjelasan sederhana penyebab dan gejala dehidrasi. Ditambah dengan cara mencegah sakit kepala akibat dehidrasi.

Dehidrasi Dan Sakit Kepala
Sakit kepala akibat dehidrasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
  • Kurangnya asupan air, terutama setelah latihan fisik dan saat cuaca panas.
  • Migrain, sakit kepala berdenyut yang terjadi di salah satu maupun kedua sisi kepala ini biasanya disertai mual, muncul sesaat setelah makan atau aktivitas berat dalam cuaca panas. Keringat menyebabkan air dalam tubuh terkuras.
  • Sakit kepala berdenyut yang intens di kedua sisi kepala, muncul disertai rasa haus, mual, lelah, peka terhadap cahaya dan diare. Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan suplai air.
  • Sakit kepala kronis disertai rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan pada penyakit seperti diabetes mellitus, diabetes insipidus, gangguan ginjal dan kelenjar adrenal.
  • Dehidrasi yang disebabkan oleh muntah, diare, perdarahan berat akibat menstruasi, luka bakar, serangan panas, asupan kafein dan alkohol yang berlebihan, obat-obatan diuretik, antihistamin atau calcium channel blockers. Semua kondisi ini menyebabkan air dalam tubuh terkuras dan terbuang.
Tetapi, sakit kepala bukanlah satu-satunya gejala dehidrasi. Terkadang gejala dehidrasi dapat dilihat dari munculnya bibir kering dan lengket, rasa lelah dan lemah, pusing, pandangan berkunang-kunang, kulit kering dan keriput, urin berwarna gelap, dan sembelit. 

Mencegah Sakit Kepala Akibat Dehidrasi
Untuk mencegah dan mengobati sakit kepala akibat dehidrasi, yang pertama harus dilakukan adalah menemukan penyebabnya. Dehidrasi bisa disebabkan oleh makanan, suhu lingkungan, aktivitas fisik, penyakit, atau obat yang Anda konsumsi. Nah, berikut ini adalah cara umum untuk mencegah dehidrasi, yaitu:
  • Minum air yang cukup.
  • Konsumsi buah dan sayuran sebagai asupan air tambahan.
  • Hindari aktivitas fisik yang berat dalam cuaca panas.
  • Hindari konsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan.
  • Kurangi minum kopi dan teh hitam.
Dehidrasi merupakan kondisi yang perlu perhatian serius. Jadi, mulai sekarang perhatikan dan berikan tubuh Anda perhatian lebih terutama dengan memenuhi kebutuhan air secara proporsional. Mulailah Minum satu gelas air setiap 30 menit untuk mencegah dehidrasi termasuk mencegah sakit kepala yang menyertainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"