Kamis, 19 Juli 2012

Minuman Olahraga Merusak Gigi

img 
Minuman olahraga yang banyak dijual memang terlihat lebih menyehatkan dibandingkan dengan minuman bersoda. Tapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa minuman olahraga yang mengandung asam sitrat bisa merusak gigi.

Penelitian ini dilakukan dengan merendam gigi selama 90 menit, sebagai simulasi bagi orang yang suka meminum minuman olahraga sepanjang hari. Ternyata lapisan enamel gigi sebagian sudah hilang. Hal ini karena minuman olahraga tersebut bocor hingga ke lapisan bawah enamel, sehingga menyebabkan gigi menjadi lunak dan lemah. Kondisi ini disebut dengan erosi gigi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan mudah lepasnya gigi jika tidak segera diobati.

"Ini adalah pertama kalinya asam sitrat yang terkandung dalam minuman olahraga dikaitkan dengan erosi gigi," ujar Dr Mark Wolff, Ketua Cariology dan Perawatan Lengkap di NYU College of Dentistry, seperti dikutip dari Health24, Selasa (15/9/2009).

Wolff menambahkan menggosok gigi sesudah mengonsumsi minuman olahraga tidak akan membantu, tapi kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan semakin parah. Hal ini karena lapisan enamel gigi menjadi lunak setelah mengonsumsi minuman olahraga, sehingga lebih mudah mengalami abrasi oleh pasta gigi.

"Untuk mencegah erosi pada gigi, sebaiknya mengonsumsi minuman olahraga secara wajar dan tidak berlebihan. Serta tunggu minimal 30 menit sebelum menggosok gigi, agar lapisan enamel gigi sudah lebih keras," ujarnya.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengonsumsi minuman olahraga, mintalah dokter untuk memberikan penetral asam dan menggunakan pasta gigi yang bisa membantu menguatkan kembali enamel yang lunak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"