Selasa, 17 Juli 2012

Jalur tebing Paling Berbahaya di dunia

Jalur tebing paling berbahaya di dunia berikut ini terletak di Spanyol yang bernama El Caminito Del Rey. Jalan tebing yang merupakan jalan setapak ini hanya memiliki lebar 1 meter dan menempel di tebing setinggi 100 meter. Jika pejalan kaki terpeleset, maka nyawapun melayang!
http://asalasah.blogspot.com/

Meski berbahaya, jalan setapak yang banyak terputus ini menarik minat banyak traveler pemanjat tebing. Mereka punya cukup nyali untuk menjajal area berbahaya namun bersejarah ini.
Pada tahun 1901, sebuah PLTA sedang dibangun dan para pekerja membutuhkan jalur sambungan antara air terjun Chorro dan air terjun Gaitanejo. Maka dibangunlah jalan setapak yang menggantung di ketinggian 100 meter. Pada 1921, Raja Alfonso XIII menapaki jalan tersebut untuk melihat peresmian Waduk Conde del Guadalhorce.

http://asalasah.blogspot.com/

Semenjak dilewati Sang Raja, jalan setapak tersebut dinamakan El Caminito del Rey. Dalam bahasa Inggris, nama tersebut berarti King's Little Pathway atau Jalan Setapak Raja. Namun semenjak pembangunan PLTA tersebut selesai, jalur tersebut pun mulai terabaikan.
Alhasil, beberapa bagian jalan mulai terputus. Malah ada beberapa bagian jalan yang tinggal menyisakan rangka besi. Eksotisnya pemandangan dari atas sana dan menantangnya rute tersebut membuat para pecinta olahraga panjat tebing malah tertarik. Mereka bisa menyusuri jalur tersebut dengan perlengkapan panjat tebing yang lengkap.

http://asalasah.blogspot.com/

Ada kalanya mereka harus jalan menempel dengan dinding tebing dan dengan mengaitkan tali ke tebing tentunya. Mereka bisa jalan santai di bagian yang masih baik. Jalur ini memiliki lebar 1 meter, panjang jalan mencapai 3 km dan memiliki kemiringan 45 derajat.
Sebelum tahun 2000, sempat terjadi beberapa kecelakaan serius yang kemudian membuat jalur ini ditutup untuk umum. Namun kini sudah mulai kembali dibuka sambil menunggu renovasi perbaikan rute yang akan dibenahi oleh pemerintah setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"