Selasa, 17 Juli 2012

Ini Penyebab Tak Biasa yang Bikin Rambut Rontok

imgAda banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok. Biasanya berhubungan dengan pola makan, stres, polusi atau genetik. Namun jika semua faktor tersebut sudah Anda atasi dan rambut masih rontok, ada baiknya Anda memperhatikan penyebab lainnya. Ada beberapa penyebab tak biasa yang bikin rambut rontok.

Selain karena faktor kesehatan, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor eksternal yang tidak biasa.

Berikut beberapa penyebab tak biasa yang membuat rambut rontok, seperti dilansir Boldsky, Selasa (3/7/2012):

1. Mandi air panas
Kebanyakan ilmuwan kini berpendapat bahwa mandi air dingin jauh lebih sehat daripada air panas. Beberapa ahli berpendapat bahwa air panas dapat sangat merusak, termasuk merusak kesehatan rambut. Mandi air panas ibarat melakukan steam pada rambut, yang dapat membuka folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

2. Helm
Helm merupakan alat keselamatan penting saat mengemudi sepeda atau sepeda motor, tetapi memang benar bahwa helm juga dapat menyebabkan rambut rontok. Mengenakan helm untuk jangka waktu yang panjang membuat keringat menumpuk di kulit kepala dan melemahkan akar rambut. Itu sebabnya, kerontokan rambut terjadi di kalangan pria muda yang mengendarai motor jarak jauh secara teratur.

3. Terlalu keras saat menyisir
Metode yang salah saat menyisir juga dapat menjadi penyebab tak bisa kerontokan rambut. Anda perlu menerapkan tekanan pada saat menyisir tetapi hanya ketika rambut sedang tidak kusut. Jika Anda memaksa menyisir rambut yang rontok, yang ada semakin banyak rambut rontok.

4. Menyisir rambut basah
Rambut yang basah biasanya akan menjadi lebih lemah. Tapi kebanyakan orang sudah terbiasa menyisir rambut di kala. Beberapa orang percaya bahwa hal ini membantu mengatur rambut. Nah, ini merupakan penyebab besar kerontokan rambut pada semua kelompok umur. Ini adalah alasan yang jelas mengapa rambut rontok terjadi namun orang jarang menyadarinya.

5. Terlalu kencang mengikat rambut
Mengikat rambut memang bisa jadi cara untuk melindungi rambut dari kerontokan, namun mengikatnya terlalu kencang justru bisa menimbulkan hal yang sebaliknya. Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan rambut patah di ujung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"