Kamis, 19 Juli 2012

Begini Cara Berdamai dengan Haid

img
 Menstruasi biasa dialami perempuan setiap bulannya dan kondisi ini kadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi perempuan. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar bisa berdamai dengan menstruasi.

Secara medis menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan yang ditandai dengan pendarahan dan biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Umumnya siklus menstruasi rata-rata terjadi selama 28 hari.

Menjelang menstruasi banyak perempuan yang mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti rasa kram atau nyeri, perut kembung, perubahan suasana hati hingga tidur yang terganggu. Kondisi ini tentu menimbulkan rasa ketidaknyamanan di dalam tubuh perempuan.

Berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan oleh perempuan agar bisa berdamai saat menstruasi atau haid datang setiap bulannya, seperti dikutip dari Timesofindia, Selasa (26/6/2012) yaitu:

1. Mengonsumsi makanan sehat
Selama menstruasi atau sebelumnya perbanyak makan sayuran berdaun hijau, buah-buahan yang sedang musim saat itu dan juga meningkatkan asupan air serta cairan. Selain itu bisa ditambah dengan minum segelas susu hangat saat baru menstruasi, hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat memperparah masalah.

2. Menghindari perut kembung
Perempuan dianjurkan olahraga secara teratur terutama di pagi hari dan mendapatkan tidur nyenyak setiap malamnya. Hal ini akan membantu menghindari perut kembung sehingga melawan sebagian besar masalah yang muncul saat menstruasi.

3. Menjaga kebersihan diri
Saat menstruasi jangan pelit menggunakan pembalut, sering-seringlah mengganti pembalut setiap 4-6 jam dan selalu cuci tangan sebelum serta sesudah mengganti pembalut.

4. Menjaga kelembaban dan tetap kering
Menjaga kelembaban dan tetap kering adalah hal yang sangat penting untuk menghindari bau yang tidak sedap serta mengurangi risiko kemungkinan terkena infeksi. Jika menggunakan celana dalam yang ketat, maka hindari pemakaian lebih dari 6 jam karena bisa menimbulkan gatal yang memicu rasa tidak nyaman.

5. Gunakan pakaian yang nyaman
Kenakan pakaian yang tepat dan nyaman di tubuh, menggunakan celana jins ketat dan atasan yang terlalu pas di badan akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga memperburuk kondisi. Gunakanlah warna-warna cerah sehingga tubuh merasa senang dan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"