Minggu, 15 Juli 2012

Tips Tidur Sehat Bagi Remaja

Kebanyakan orang  dewasa dan para remaja di zaman sekarang ini mengalami gagguan tidur. Jika kamu adalah salah satu diantaranya, cobalah kiat-kiat berikut. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs www.sleepfoundation.org.
1. Tidur adaah makanan untuk otakmu. lakukan dalam porsi yang cukup. Dan laukkanlah jika kamu membutuhkannya. Bahkan gangguan tidur yang ringan dapat mengganggu penampilanmu. Baik pada saat mengerjakan ujian sampai berolahraga atau bermain video game. Kurang tidur akan membuatmu tampak kecapaian dan merasa depresi, cepat kesal, dan cepat marah.
2. Jagalah konsistensimu ritme tubuhmu. Tetapkan jadwal tidur dan waktu bangun tidur yang teratur, dan tetap pertahankan jadwal itu pada akhir minggu dan liburan sekolah (Atau Kerja). Jangan terlalu sering melanggar jadwalmu itu, dan jangan pernah melakukannya selama 2 malam atau lebih. Jika kamu harus melanggar jadwal itu, hindari menunda jam tidurmu lebih dari 1 jam, dan waktu bangunmu lebih dari 2 jam, dan jika kamu merasa mengantuk pada siang hari maka kamu boleh tidur lebih sore. 
3. Amati, berapa banyak jam tidur yang kamu butuhkan agar kamu bisa bekerja secara maksimal. Kamu harusnya merasa segar saat terbangun dari tidurmu, dan bukannya merasa kecapaian. Kebanyakan remaja membutuhan antara 8,5 dan 9,25 Jam tidur setiap harinya. Pastikan kapan kamu harus bangun pada pagi hari, lalu hitunglah jam berapa kamu harus mulai tidur pada malam hari agar bisa mendapatkan jam tidur sebanyak 8,5 jam.
4. Cepat datangi tempat yang diterangi matahari saat kamu bangun pada pagi hari, tapi hindarilah ruangan yang terang pada maklam hari. Cahaya lampu akan membantu pengiriman sinyal pada otakmu bahwa sudah waktunya untuk bangun juga sinyal kapan kamu harus menyiapkan tubuhmu untuk beristirahat. 
5. Pahami Ritme yang kamu miliki. Lalu, kamu bisa mencoba memaksimalkan jadwalmu sepanjang hari melalui jam didalam tubuhmu itu. Sebagai contoh, kamu bisa menggantikan "waktu bermalasan(tidur)mu" dengan mengikuti aktivitas yang memicu semangat atau kelas-kelas yang interakif. Hindari kelas-kelas satu arah atau aktivitas yang tidak aman, termasuk menyetir. 
6. Setelah makan siang (atau makan malam), jauhi kopi, soda berkafein, dan nikotin, karena semua itu adalah zat perangsang. Juga hindari alkohol yang akan mengganggu tidurmu. 
7. Bersantailah sebelum pergi tidur, hindari bacaan yang berat, belajar, dan mainan komputer satu jam sebeum jam tidur. Jangan tertidur dengan televisi masih menyala, lampu yang berkedap-kedip dan hal-hal yang menstimulasi bisa mengganggu tidur yang nyaman. Kalu kamu bekerja selama seminggu penuh, hindari bekerj pada malam hari. Contohna, jika kamu bekerja sampai jam 21.30, kamu membutuhkan rencana untuk "bresantai" sebelum pergi tidur. 
Tulisan diatas berasal dari buku "Buku Pintar Remaja Gaul" Karangan Pamela Espeland.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"