Selasa, 17 Juli 2012

Inilah 5 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

imgSebagian orang sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Beberapa penyebabnya bisa sementara atau bahkan merupakan suatu gejala kondisi medis tertentu. Apa penyebab sakit kepala saat bangun tidur?

Sakit kepala adalah penyakit yang sering dirasakan oleh siapapun dan bisa menyerang kapan saja. Dilansir Livestrong, Selasa (14/12/2010), berikut beberapa penyebab sakit kepala yang sering terjadi saat bangun tidur:

1. Peradangan sinus
Tidak jarang sakit kepala yang terjadi saat bangun tidur di pagi hari terjadi karena peradangan sinus. Rasa sakit karena radang sinus biasanya akan memburuk ketika Anda membungkuk ke depan, sehingga meningkatkan tekanan di rongga sinus. Biasanya kondisi ini disertai dengan pilek atau sakit tenggorokan.

2. Mabuk
Mabuk juga bisa membuat Anda sakit kepala saat bangun tidur. Hal ini karena alkohol membuat pembuluh darah berkembang, yang dapat memicu sakit kepala. Gejala sakit kepala karena mabuk biasanya mencakup mual dan muntah, kehilangan keseimbangan, haus dan detak jantung yang cepat.

Jika sakit kepala memburuk dan dilengkapi dengan kebingungan yang berkepanjangan, muntah terus menerus atau kejang, Anda mungkin telah keracunan alkohol dan memerlukan perhatian medis segera.

3. Pola tidur tidak teratur
Sakit kepala kronis di pagi hari tampaknya terjadi pada orang-orang yang mengalami kesulitan tidur. Beberapa faktor yang dapat mengganggu tidur misalnya sleep apnea, tidur dekat seseorang yang mendengkur, mengertakkan gigi, depresi dan kecemasan.

4. Overdosis obat sakit kepala
Terlalu sering menggunakan obat penghilang nyeri di kepala juga dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari, biasanya juga disertai dengan mual. Menghentikan ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit adalah satu-satunya cara untuk membebaskan diri dari rasa sakit.

5. Hamil
Sakit kepala di pagi hari bisa menjadi tanda kehamilan, biasanya juga disertai dengan mual dan muntah. Beberapa wanita juga mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Hormon-hormon dapat memicu peningkatan sirkulasi dalam aliran darah yang mengarah ke sakit kepala. Kehamilan sakit kepala bisa menyerang kapan saja, tetapi juga disertai dengan gejala klasik lain dari morning sickness

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"