Selasa, 17 Juli 2012

10 Makanan Utama untuk Rambut Sehat

"Berbusa, bilas, ulangi" mungkin nasehat standar yang biasa kamu temukan, tetapi shampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk memberikan rambut sehat seperti yang kamu inginkan. Kamu perlu untuk melangkah keluar dari kamar mandi, dan menuju ke... dapur.

Menurut penelitian, rambutmu tumbuh sekitar seperepat hingga setengah inci setiap bulan, dan dasar dari semua rambut baru kulit, dan pertumbuhan kuku adalah nutrisi yang kita makan. Jika kamu makan makanan yang sehat, sel tubuhmu akan tumbuh kuat dan sehat  - di dalam dan di luar. Jika kamu terlahir dengan jenis rambut halus dan tipis, tipe rambutmu tidak akan berubah, tidak peduli apapun yang kamu makan - tetapi diet seimbang yang mencakup banyak protein dan zat besi dapat membuat perbedaan dari segi kualitas dan kondisi kesehatan rambut. 

Baca terus untuk mengetahui 10 bahan makanan utama yang sangat baik untuk diet rambut sehatmu.

Makanan Sehat no. 1: Salmon

Untuk bahan makanan yang sarat akan nutrisi untuk kecantikan, tidak ada yang bisa mengalahkan ikan Salmon. Sarat dengan asam lemak omega-3, Salmon merupakan sumber protein berkualitas tinggi, dan juga penuh dengan vitamin B-12 dan zat besi.  

Asam lemak omega-3 essensial diperlukan untuk mendukung kesehatan kulit kepala. Kekurangan zat tersebut dapat mengakibatkan kulit kepala dan rambut kering sehingga terlihat kusam.

Makanan Sehat no. 2: Sayuran Hijau Gelap

Popeye memang tidak makan bayam supaya rambutnya lebat (karena dia botak!), tetapi bayam, dan juga brokoli, adalah sumber vitamin A dan C, yang dibutuhkan tubuhmu untuk memproduksi sebum. Substansi berminyak, disekresikan oleh folikel rambut Anda, adalah kondisioner rambut alami tubuh. Sayuran hijau gelap juga menyediakan zat besi dan kalsium.

Makanan Sehat no. 3: Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong harus menjadi bagian penting dari perawatan diet rambutmu. Mereka tidak hanya menyediakan protein yang merangsang pertumbuhan rambut, tetapi zat besi yang cukup, zinc, dan biotin. Meskipun jarang, kekurangan biotin dan zinc dapat menyebabkan rambut rapuh. 

Makanan Sehat no. 4: Unggas

Ayam dan kalkun memang tidak memiliki rambut, tetapi mereka memiliki protein kualitas tinggi yang dibutuhkan oleh rambut sehatmu. Tanpa protein yang cukup atau dengan protein yang berkualitas rendah, seseorang dapat mengalami rambut rapuh, sementara kekurangan protein yang mendalam dapat mengakibatkan hilangnya warna rambut.

Unggas juga menyediakan zat besi dengan bioavailabilitas tinggi, yang berarti tubuhmu dengan mudah dapat menuai manfaatnya.

Makanan Sehat no. 5: Telur

Untuk mendapatkan rambut sehat, tidak masalah bagaimana kamu mengolah telur kesukaanmu; orak-arik, mata sapi, dadar, atau rebus, karena telur adalah salah satu sumber protein terbaik dapat kamu temukan. Telur juga mengandung biotin dan vitamin B-12, yang merupakan nutrisi penting untuk kecantikan.

Makanan Sehat no. 6: Gandum

Yuk, saatnya kamu mengganti roti tawar biasamu dengan roti gandum. Gandum diperkaya oleh zinc, zat besi, dan vitamin B dengan dosis yang cukup untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Selain baik untuk rambut, gandum juga bisa jadi alternatif cemilan sehat untuk memberikan energi buatmu menjalani aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir gemuk. Bahkan, kalau kamu ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan dalam ukuran yang kamu inginkan, kamu bisa mengganti nasi beras putihmu dengan bubur gandum.

Makanan Sehat no. 7: Tiram

Tiram mungkin lebih dikenal karena reputasi mereka sebagai makanan afrodisiak, tetapi tiram juga dapat membuat rambut menjadi sehat - dan yang tidak cinta dengan fakta tersebut? Tiram kaya akan zinc, antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan kulit dan rambutmu.

Makanan Sehat no. 8: Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti susu skim, keju, dan yogurt adalah sumber kalsium tinggi dan mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Mereka juga mengandung whey dan kasein, dua sumber protein berkualitas tinggi. Selain sehat untuk jadi cemilan sore hari, susu skim, keju, dan yogurt juga praktis kamu konsumsi setiap hari, dan sangat mudah untuk didapat di mana saja.

Makanan Sehat no. 9: Wortel

Wortel merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan mata, dan juga kondisi kesehatan kulit kepala. Sayuran ini membantumu mendapatkan rambut yang mengilap dan terjaga kelembabannya dengan mengontrol minyak alami di rambut dan kulit kepala dalam kondisi yang prima.

Makanan Sehat no. 10: Pisang

Kurangnya vitamin B6 dalam makanan telah dikaitkan dengan rambut menipis dan kerontokan rambut. Vitamin B yang penting ini bertanggung jawab untuk membantu tubuh menyerap nutrisi yang diterimanya dari makanan yang kita makan.

Selain itu, ketersediaan vitamin ini memiliki efek pada produksi sel darah merah. Sel-sel darah merah memelihara folikel rambutmu, memastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan rambut dan kilaunya.


Diet Seimbang untuk Rambut Sehat

Sebuah diet seimbang yang kaya protein, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dengan asam lemak omega-3 seperti salmon dan susu rendah lemak akan membantu menjaga rambut sehat.

Hati-hati juga apabila kamu sedang melakukan program penurunan berat badan. Jangan sampai salah kaprah! Tidak hanya program tersebut dapat membuat kamu merasa selalu lapar, bisa jadi kurangnya nutrisi justru mengakibatkan rambutmu rapuh dan rontok. Pastikan kamu memiliki asupan protein, asam lemak omega-3, zinc, dan vitamin A, agar rambutmu tetap terjaga kesehatannya. Berat badan berkurang, rambut pun tetap sehat dan kuat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"