Kamis, 19 Juli 2012

Cara Mempersingkat Periode Haid

imgSetiap wanita tidak memiliki siklus menstruasi yang sama dengan wanita lainnya. Tetapi semua wanita menginginkan dirinya memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek dan lebih ringan.

Seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (19/7/2012), Anda dapat memperpendek siklus menstrusi dengan menerapkan beberapa tips berikut:

1. Ambil Pil KB

Pil KB mungkin lebih tepat jika digunakan untuk mencegah kehamilan, tetapi juga dapat digunakan untuk meredakan gejala menstruasi dan lamanya pendarahan. Obat kontrasepsi oral dapat membantu menghentikan ovulasi.

Tersedia pil KB sejenis plasebo yang dapat dikonsumsi dalam jangka waktu seminggu selama menstruasi. Bahkan ada pil baru yang dapat mengurangi periode menstruasi hingga empat kali per tahun.

2. Seimbangkan hormon dengan cara herbal

Beberapa tanaman herbal dapat membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan dapat memperpendek periode menstruasi yang panjang. Menurut penelitian tanaman chasteberry bekerja melalui jalur hipotalamus-hipofisis untuk menormalkan prolaktin dan progesteron.

Progesteron diturunkan pada fase yang berbeda dalam siklus menstruasi dan menyebabkan periode yang lama dan berat, khasiat tanaman herbal tersebut dapat meningkatkan kadar hormon progesteron dalam tubuh sehingga periode menstruasi lebih ringan dan lebih pendek.

3. Olahraga

Anda dapat memperpendek periode menstruasi dengan meningkatkan latihan fisik sepanjang bulan. Peningkatan latihan kardiovaskular, seperti olahraga berjalan dapat mengurangi periode menstruasi yang sangat panjang.

Efek positif lain dari berolahraga adalah berkurangnya gejala PMS (Pre-menstrual syndrome) termasuk kram perut. Pastikan Anda selalu berolahraga bahkan ketika Anda sedang menstruasi.

4. Orgasme

Mencapai orgasme dengan cara masturbasi atau melakukan hubungan seksual dapat memperpendek lamanya menstruasi. Hubungan seksual atau masturbasi dapat membantu mengurangi siklus menstruasi yang panjang dengan menyebabkan kontraksi tambahan dalam rahim selama orgasme.

Kontraksi ini dapat membantu menumpahkan darah menstruasi lebih cepat dalam kurun waktu singkat. Mendapatkan orgasme menjelang masa menstruasi juga dapat mencegah kram perut ketika PMS karena menghilangkan endorfin selama tindakan seksual.

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air setiap hari juga dapat membantu memperpendek periode menstruasi. Jika Anda berolahraga secara teratur, pastikan bahwa Anda minum beberapa gelas air selama dan setelah latihan. Anda juga harus menghindari minuman bergula, kafein dan alkohol selama menstruasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"