Sabtu, 14 Juli 2012

Banyak Wanita Hamil yang Takut Olahraga

img  
Jangan heran jika banyak wanita hamil yang tak mau berolahraga karena takut merusak atau mengganggu janinnya. Padahal menurut sebuah studi, olahraga selama masa kehamilan terbukti bermanfaat bagi wanita hamil agar ia dan janinnya tetap sehat.

"Meski banyak yang tahu manfaat olahraga bagi wanita hamil, ternyata masih ada saja wanita hamil yang takut berolahraga karena takut menyakiti anaknya," ujar peneliti Melissa J. Hague, MD, asisten profesor obstetri dan ginekologi di University of Kansas School of Medicine, Wichita seperti dilansir dari WebMD, Jumat (11/5/2012).

Dalam studi yang melibatkan 90 wanita hamil tersebut, Melissa menemukan bahwa banyak wanita hamil yang sebelumnya rajin berolahraga mendadak menghentikan kebiasaannya itu ketika hamil. Beberapa diantaranya mengira olahraga, bahkan seperti berjalan kaki tidak aman dilakukan selama masa kehamilan.

Latihan ringan selama 30 menit atau lebih setiap hari tampaknya aman bagi wanita hamil, saran Hague. Namun aktivitas olahraga yang berisiko tinggi jatuh, olahraga yang memerlukan kontak dengan pemain lain maupun menyelam sebaiknya tidak dilakukan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dulu sebelum memulai program latihan.

Studi ini dilakukan Hague dan timnya melalui wawancara telepon dengan ke-90 partisipan yang usia kandungannya mencapai 16-30 minggu.

Hasilnya, Hague mengetahui bahwa sebelum hamil, hampir separuh dari partisipan mengaku berolahraga ringan setidaknya 90 menit per minggu. Namun setelah hamil, kurang dari 27 persen yang melakukannya. "Mereka mengaku takut menyakiti bayinya," ujar Hague.

Menurut Hague, masalah keamanan menjadi isu penting bagi wanita hamil yang tidak aktif berolahraga.

- 62 persen wanita yang berolahraga selama masa kehamilan berpikir bahwa berolahraga lebih lama dari 30 menit itu aman
- 18 persen wanita hamil yang tidak berolahraga berpikir demikian

Hague juga menemukan adanya perbedaan etnis dalam menyikapi kebiasaan olahraga selama masa kehamilan:

- Hampir 89 persen wanita kulit putih mengatakan bahwa jalan cepat itu aman dilakukan selama masa kehamilan dan 90 persen mengatakan berenang itu aman
- 60 persen kelompok etnis lainnya berpikir bahwa jalan cepat itu aman dan hanya 67 persen mengira berenang itu aman

Mitos yang turun-temurun dalam keluarga pun memicu ketakutan wanita hamil untuk berolahraga. "Jika ibu si wanita hamil berkata, 'Kamu akan menyakiti bayimu', maka mereka takkan melakukannya," ungkap Hague.

Namun ada juga beberapa wanita tertentu yang cenderung lebih suka berolahraga selama masa kehamilan, termasuk wanita yang percaya bisa mengelola kebiasaan itu meskipun memiliki kesibukan. Wanita yang biasanya bekerja di luar rumah pun cenderung melakukan olahraga saat hamil.

Untuk menyuburkan kebiasaan baik ini, Hague menyarankan agar wanita harus fokus pada manfaat latihan selama kehamilan. "Kita tahu olahraga memiliki manfaat yang signifikan bagi perempuan, termasuk mengurangi risiko depresi dan kenaikan berat badan berlebih," katanya. "Meminimalkan kenaikan berat badan berlebih dapat mengurangi risiko kelahiran caesar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"