Sabtu, 14 Juli 2012

Tips Hamil Muda untuk sang Putri Kerajaan

img

Putri Kerajaan Inggris Kate Middleton dikabarkan tengah hamil 6 minggu. Berhubung yang lagi hamil seorang putri kerajaan, tentu saja beritanya menarik minat banyak orang. Termasuk Dr Manny Alvarez yang punya tips khusus untuk hamil muda buat sang putri dan perempuan lainnya.

Kabar Kehamilan istri Pangeran William ini dilansir In Touch Weekly, Inggris yang mengaku punya sumber dari orang dalam. Kate sendiri sempat dicurigai hamil saat mengunjungi pusat UNICEF di Kopenhagen Denmark, Minggu 6 November 2011. Saat itu, ia terlihat memegang perutnya terus.

Jika hal tersebut memang benar, tentunya akan menghadirkan kebahagiaan untuk keluarga kerajaan. Diperkirakan sekitar bulan Juli 2012 akan lahir bayi dari kerajaan Inggris itu.

Pada trimester pertama kehamilan tentunya ada berbagai anjuran yang harus dilakukan bagi ibu hamil agar tetap dalam kondisi fit dan mendapatkan bayi yang sehat.

"Saya akan menyarankan pada Kate dan ibu hamil lainnya agar melakukan diet seimbang. Dan jika mungkin, terus melakukan latihan fisik dan memastikan bahwa tidak ada kondisi masalah medis. Penting juga untuk mengonsumsi asam folat untuk mencegah bayi lahir dengan kecacatan kata Dr Manny Alvarez, dokter spesial yang menjadi kolumnis FoxNewsHealth seperti dikutip Jumat (18/11/2011).

Trimester pertama kehamilan menurut Dr Alvarez merupakan waktu yang ideal untuk melakukan pemeriksaan gigi. Membersihkan gigi sangat penting karena bakteri dalam mulut dapat menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Selain itu, pemeriksaan darah termasuk hitung darah, skrining hepatitis, dan pengukuran tingkat hormon lainnya juga penting. "Wanita hamil pada trimester pertama seringkali mengalami morning sickness," kata Dr Alvarez.

Morning sickness atau disebut juga nausea gravidarum adalah kondisi yang membuat ibu hamil mual, muntah (emesis gravidarum atau NVP). Kondisi ini cukup mengganggu dan mempengaruhi lebih dari setengah dari semua wanita hamil.

Morning sickness terkait dengan meningkatnya kadar estrogen. Sehingga kondisi tersebut serupa dengan mual yang juga terlihat pada beberapa wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal atau terapi pengganti hormon.

Morning sickness kadang-kadang hadir saat dini hari dan pagi hari. Rasa mual dapat ringan atau hingga menginduksi muntah, tetapi tidak cukup parah untuk menyebabkan kekacauan metabolisme.

Dalam kasus yang lebih parah, muntah-muntah saat trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi, penurunan berat badan, alkalosis dan hipokalemia. Kondisi tersebut dikenal sebagai hiperemesis gravidarum dan terjadi pada sekitar 1 persen dari semua kehamilan.

Mual dan muntah dapat menjadi salah satu tanda pertama kehamilan dan biasanya dimulai sekitar minggu keenam kehamilan. Cara menghitung usia kehamilan adalah dari 14 hari sebelum pembuahan.

Morning sickness dapat terjadi setiap hari, dan bagi kebanyakan wanita mungkin berhenti pada sekitar 12 minggu kehamilan. Sehingga kondisi tersebut dapat cukup mengganggu dan menyiksa wanita hamil yang mengalaminya.

Berikut adalah beberapa tips dari Dr Alvarez untuk mengatasi rasa mual pada trimester pertama kehamilan antara lain:

1. Membawa botol ekstrak lemon untuk dibaui, atau cobalah makan lemon atau minum minuman lemon.
2. Menjaga kondisi agar tidak mengalami dehidrasi.
3. Makan makanan kecil beberapa kali sehari.
4. Mengonsumsi vitamin B6.
5. Menggunakan gelang khusus untuk mengatasi mabuk laut (seasick wristbands).
6. Minum minuman yang mengandung jahe, seperti menambahkan jahe pada teh.
7. Mencari dan menghindari hal-hal yang sekiranya dapat menjadi gangguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"