Rabu, 11 Juli 2012

Berani Mencoba 5 Kuliner Terpedas di Asia Ini?


img  
Sudah kebal dengan cabai rawit dan butuh tantangan lebih? Bagaimana jika Anda mencoba hidangan super pedas ini. Thailand, Korea, Cina, hingga India menunggu para pemberani yang nekat mencicipi hidangan lokal yang membakar lidah.

Asia memang dikenal dengan kulinernya yang kaya rempah dan pedas dibanding makanan Barat. Menurut Time, empat wilayah ini memiliki hidangan yang paling pedas di antara negara Asia lain. Pastikan lidah dan perut Anda kuat menghadapi tantangan kuliner kali ini.
 
1. Hunan 
img
Hidangan Hunan terkenal akan rasanya yang sangat pedas dengan aroma yang segar dan warna yang pekat. Rasa pedasnya berasal dari cabai, bukan merica. Selain cabai, bawang merah, bawang putih, dan bahan-bahan segar juga banyak digunakan di kuliner Hunan yang cenderung berminyak. Cicipi pula sambal yang disediakan untuk bakpau babi di Changsha, ibukota provinsi Hunan, Cina. Makanan Meksiko seakan tak ada apa-apanya.

2. Assam 
img
Pernah dengar tentang cabai setan? Si merah yang bernama asli bhut jolokia ini dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia, jauh melebihi cabai rawit. Asalnya dari daerah Assam di timur laut India. Penduduk setempat percaya bahwa mengonsumsi cabai ini dapat membantu memerangi penyakit rematik, kanker, rematik, osteoporosis, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Makanya mereka berani memakannya mentah-mentah atau mencampurnya ke dalam kari babi.
 
3. Thailand Selatan 
img
Semakin selatan wilayahnya di Thailand, semakin pedas kari, sup, dan saus cocolannya. Begitu pula dengan cuacanya yang semakin panas. Coba nam prik (sambal Thailand), sambal petai, serta gaeng som (kari oranye yang asam).

4. Szechuan 
img
Szechuan adalah salah satu wilayah Cina yang terkenal akan kulinernya. Penggila pedas wajib berkunjung ke kota Chengdu untuk mencicipi kuliner yang bikin berkeringat dan membakar lidah, baik yang berbahan cabai bubuk maupun biji merica. Cicipi mapo tofu dan kungpao chicken yang diberi minyak cabai. Ssshhh... Hah!
 
5. Korea 
img
Warga Korea mengonsumsi 60% cabai di dunia. Tak heran jika restoran Korea menyajikan kimchi dan ikan asin bertabur cabai cincang sebagai hidangan kecil cuma-cuma. Sebagai pendamping daging panggang Korea, ada gulungan selada yang berisi cabai jalapeno utuh dan bean paste yang pedas membakar.

1 komentar:

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"