Sabtu, 14 Juli 2012

7 Cara Olahraga Mengalahkan Penyakit

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan, sejumlah riset telah membuktikan olahraga dapat menjadi pelindung terbaik bagi tubuh dalam menghadapi berbagai ancaman penyakit.

Tetapi jika Anda merasa bukti-bukti itu belum cukup, simak pembahasan berikut ini, yang akan menjelaskan bagaimana olahraga dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit:

1. Menurunkan tekanan darah
Melakukan aktivitas fisik dapat membantu menjaga pembuluh arteri Anda tetap sehat, dengan cara membersihkan dan menjaga aliran dalam pembuluh darah tetap baik. Dalam sebuah penelitian terbaru yang melibatkan lebih dari 500 pria dan wanita berusia 40 sampai 60 tahun, para peneliti menemukan bahwa aktivitas fisik berbanding terbalik dengan penumpukan progresif plak di arteri karotis. Bahkan untuk orang-orang yang bermain golf atau melakukan aktivitas sederhana seperti berkebun selama satu atau dua hari dalam seminggu memiliki arteri yang lebih bersih ketimbang mereka yang tidak melakukan aktivitas di waktu luang.

2. Membakar gula darah

Hasil riset para ilmuwan di Ceko menunjukkan bahwa melakukan latihan kekuatan selama kurun waktu tiga bulan membantu meningkatan sensitivitas insulin pada pria dengan resistensi insulin. Sebuah penelitian di Inggris menegaskan bahwa efek latihan dapat menurunkan risiko gangguan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kombinasi dari gangguan medis yang meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes.

3. Mengendalikan berat badan


Dengan berolahraga, kalori akan terbakar sehingga Anda akan kehilangan atau setidaknya tak mengalami kenaikan berat badan . Sebuah riset menunjukkan, olahraga bermanfaat bagi orang gemuk.  Mereka yang punya indeks massa tubuh (BMI) 41 (obesitas berat) dan mampu menurunkan 7 persen bobotnya lewat olahraga teratur, mengalami penurunan tekanan darah dan trigliserida hingga kembali normal. Peradangan pada pembuluh darah mereka juga turun antara seperempat dan sepertiga, meskipun rata-rata BMI-nya masih di angka 38 (masih terlalu tinggi). Sejumlah penelitian telah mengkonfirmasikan bahwa seseorang tidak harus kurus untuk menjadi sehat secara fisik.

4. Pangkas kolesterol total


Efek paling penting dari berolahraga adalah untuk meningkatkan kadar kolesterol "baik", sehingga mengurangi kadar kolesterol total. Hasil tinjauan dari beberapa studi internasional menunjukkan, menambahkan olahraga pada program diet penurunan berat badan tidak hanya menaikkan kolesterol HDL, tetapi juga meningkatkan manfaat program pelangsingan serta menurunkan trigliserida dan tekanan darah.

5. Mengurangi detak jantung


Pada keadaan normal, jantung manusia berdetak sebanyak 70 sampai 75 kali per menit. Tetapi untuk orang-orang yang aktif secara fisik, jantung mereka dapat memompa darah di dalam tubuh hanya dengan 50 ketukan. Ini sama dengan 36.000 ketukan lebih sedikit setiap hari dan 13 juta lebih sedikit dalam satu tahun.

6. Redakan stres dan kesedihan


Olahraga erbukti memberi efek positif pada suasana hati. Hal itu setidaknya dibuktikan lewat sebuah riset di Inggris pada akhir 1980-an. Dalam kajiannya, peneliti melibatkan sejumlah orang dewasa yang punya gaya hidup kurang aktif (sedentari).  Partisipan diminta melakukan latihan dengan intensitas sedang seperti aerobik, latihan peregangan atau tidak sama sekali, selama 12 minggu. Pada kelompok yang melakukan aktivitas dalam intensitas sedang cenderung jauh dari rasa tertekan, cemas dan kebingungan.

Sebuah riset di Berlin juga mengindikasikan bahwa olahraga selama 30 menit sehari lebih efektif dibanding obat-obat antidepresan. Kenapa? Karena aktivitas fisik merangsang otak untuk memproduksi hormon endorfin (hormon yang memberikan rasa tenang). Dengan olahraga, Anda juga akan terhindar dari beberapa efek samping yang berbahaya.

7. Menyelamatkan hidup Anda


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, perilaku tidak aktif telah menyebabkan 2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun dan menjadin faktor utama pemicu kanker payudara dan kanker usus besar, diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, World Hear Federation meyakini bahwa perilaku tidak aktif sama buruknya dengan orang yang merokok sebungkus setiap hari.

Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"