Kamis, 12 Juli 2012

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

img 
Mengenakan ukuran bra yang salah, tidak hanya dapat membuat penampilan payudara jadi tak karuan. Bra yang kekecilan bisa memicu terjadinya sakit pada punggung. Kok bisa?

"Hampir 70 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit punggung dan mengalami disfungsi segmen pada tulang belakangnya," kata pakar kesehatan Dr Andrew Kirschner, seperti yang dikutip dari Glamour.

Ditambahkan Andrew, banyak wanita yang menyepelekan masalah bra dan tidak pernah menyesuaikan dengan ukuran payudara sebenarnya. Mereka pikir, mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil bisa membuat penampilan semakin seksi.

"Ukuran yang sekarang dipakai biasanya adalah ukuran beberapa tahun yang lalu, padahal payudara wanita umumnya membesar seiring bertambahnya umur, terutama setelah memiliki anak. Wanita jarang melakukan re-fitting ukuran atau bentuk bra, padahal aktivitas yang berbeda memerlukan bra yang beda pula," tutur Andrew.

Untuk itu, Andrew menyarankan agar para wanita memakai bra yang sesuai (tidak kekecilan atau kebesaran) serta menanyakan pada pakar kesehatan mengenai bra seperti apa yang cocok untuk aktivitas tertentu.

"Jangan karena ingin payudaranya yang terlalu besar terlihat agak kecil lalu memaksakan diri memakai bra yang terlalu sempit atau justru kebalikannya," kata Andrew.

Joanna Cram dari British Ostepathic Association juga mengatakan dampak negatif dari mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Memakai bra yang ukurannya tidak sesuai, bisa menyebabkan bahu membungkuk, bentuk payudara menurun dan tulang belakang tertekan.

"Kalau bagian bawah bra tidak bisa mendukung berat payudara, berarti itu juga berlaku untuk bahu. Hal itu dapat menyebabkan bahu membungkuk dan konsekuensi lainnya payudara ikut turun. Ketika bahu tidak melekat pas dengan bra dan payudara tidak tersangga dengan tepat, tulang belakang pun dapat melengkung, puncak bahu bungkuk dan tulang rusuk bagian atas tertekan," jelas Joanna.

Bra yang baik adalah bra yang bisa menahan payudara agar tidak turun dan terbuat dari bahan yang punya sirkulasi udara baik. Karena bra yang sehat akan mengurangi sakit punggung, melancarkan aliran pernafasan, mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kualitas hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"