Senin, 12 November 2012

Kiat Mencari Artikel di Google Secara Optimal

Google merupakan mesin pencari terpopuler di dunia dengan jumlah 46 ribu pencarian tiap harinya. Tetapi kebanyakan pengguna internet yang memanfaatkan kemampuan google kurang optimal. Ini dapat kita lihat bahwa terkadang antara kata kunci (Keyword) yang kita masukan dengan hasil yang diinginkan tidak relevan. Biasanya ini disebabkan oleh kata kunci tersebut kurang tepat sehingga hasil yang didapatkan kurang tepat juga.

Google adalah mesin canggih. Secanggih apapun mesin kalau penggunanya tidak bisa menggunakannya maka mesin itu tidak akan menunjukkan kehebatannya.

Dari sekian banyaknya pengunjung yang datang ke tempat kami, berkali-kali kami menerima permintaan bantuan untuk membantu mencarikan artikel dari internet. Bagi kalangan mahasiswa yang sering memerlukan data dan  informasi seperti jurnal dan artikel untuk mengerjakan tugas perkuliahan, pencarian menggunakan google dapat membantu kita bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk itu saya mau berbagi beberapa tips yang diambil dari pengalaman selama menggunakan google.

1. Masukan kata kunci pencarian ke dalam 2-4 kata.
Misalkan saja kita mau mencari artikel tentang “bagaimana pengaruh internet terhadap remaja”. biasanya kita langsung memasukkan kata tersebut tanpa berpikir panjang. Ingat, google mempunyai cara kerja yang unik, dia akan mencocokan kata kunci dengan kata yang ada di dalam website, jadi lebih baik kita mengambil inti kalimatnya saja. Dari kalimat tersebut, kita bisa mendapatkan point bahwa kita hanya mencari kata pengaruh, internet, remaja.

2. Jangan menggunakan konjungsi atau ungkapan.
Konjungsi atau  ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat baiknya jangan dipakai. Ini dikarenakan kata konjungsi banyak digunakan dalam penulisan artikel sehingga hasil pencarian banyak yang tidak relevan.

3. Hilangkan 5W 1H
5W 1H adalah what, where, when, who, why dan how. Jika kita menggunakan ini maka kita akan diarahkan ke forum diskusi dan sebuah komunitas, tapi jika kalau kita memang ingin mencari sebuah diskusi dari sebuah forum maka kata ini layak dipakai.

4. Gunakan tanda kutip (“) jika ingin mempersempit hasil pencarian.
Jika hasil pencarian terlalu banyak, maka apitlah kata pencarian dengan tanda petik. Tanda petik ini berfungsi agar website yang tidak mempunyai kata yang berada dalam dua tanda kutip tersebut akan di singkirkan. Misal kita memasukan “ mendidik anak saleh”, maka hasil pencariannya akan mencari kalimat “mendidik anak saleh”, hasil yang tidak terdapat kalimat tersebut akan disingkirkan.

5. Memasukkan filetype:
Sintaks Filetype: berguna untuk mencari file. misalkan filetype:pdf untuk mencari file-file pdf. Selain itu juga kita bisa memasukan filetype doc, ppt, rtf, swf dan lain-lain.

6. Menggunakan Site:
Sintaks site berguna untuk mencari artikel yang berasal dari domain tersebut. misalkan Selamat ulang tahun site:www.facebook.com. dengan begitu hasil pencarian akan menunjukkan tempat atau page yang mempunyai kata selamat ulang tahun di www.facebook.com

7. Letak kata terbalik tidak akan mengubah hasil penelusuran
Misalkan kita ingin mencari “fungsi disket” dengan Kata “disket fungsi” akan menghasilkan pencarian yang sama. jadi walaupun dibalik bagaimapun kalau kata-kata tersebut sama persis hasilnya pun akan sama!

8. Google tidak “case sensitive”.
Misalkan kita memasukan Keyword, baik bandrek = BANDREK = BanDreK
maka akan menghasilkan hal yang sama

9. Gunakan keyword-keyword lain yang digunakan untuk mempersempit pencarian
- AND: Secara Default Google menggunakan keyword and.
Keyword: program AND berhitung
Hasilnya pencarian akan mengandung kata “program” dan “berhitung”
- OR: Digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah
satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua.
Keyword: sekolah OR kampus
Hasilnya pencarian akan mengandung kata “sekolah” atau “kampus”
-Tanda minus “-” bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian.
Misal kita ingin mencari kata “linus tanpa linux”, kita bisa menggunakan “linus -linux”
- Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf.
Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja*
Google tidak mencari kata “menjamu”, “menjadi”, “menjalar”, dll
Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata “menja”.
Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat.
Keyword: “menjadi * bola”
Hasilnya pencarian dapat menghasilkan “menjadi pemain bola”, “menjadi pembuat bola”, dll.
- intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web.
Keyword: intitle: Pertolongan pertama
Keyword tersebut akan mencari judul halaman “pertolongan pertama”
- define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa.

Selain itu juga untuk mempersempit pencarian dengan masuk ke  http://www.google.com/advanced_search

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"