Selasa, 13 November 2012

6 Cara terbaik mengatasi radang tenggorokan


6 Cara terbaik mengatasi radang tenggorokan

Menderita radang tenggorokan bisa sangat menyiksa. Sebab Anda akan merasa kesakitan saat berbicara atau menelan makanan. Namun setidaknya Anda bisa meredakan radang tenggorokan dengan cara terbaik seperti yang dilansir dari Indiatimes berikut ini.

Makan bawang putihBawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

Permen pereda radang tenggorokanLozenge atau permen pereda tenggorokan juga bisa Anda konsumsi demi merangsang produksi ludah. Sehingga ludah akan tetap menjaga mulut agar tetap selalu basah. Selain itu, kebanyakan lozenge mengandung vitamin C, pectin, dan zinc yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air garam hangatMeskipun cara ini cukup tradisional, namun kumur dengan air garam hangat lumayan ampun untuk mengatasi radang tenggorokan. Sebab air garam membantu tenggorokan meredakan inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Anda bisa kumur air garam hangat tiga sampai empat jam sekali.

Konsumsi cairanSaat menderita radang tenggorokan, sebaiknya Anda mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak agar tenggorokan tetap lembap. Cairan tersebut juga akan menyapu bakteri yang berkumpul dalam tenggorokan. Coba pilih minuman hangat seperti teh, kopi, atau campuran air madu dan jus lemon hangat untuk mengatasi radang tenggorokan.

Menghirup uapBiasanya, radang tenggorokan juga memicu penyakit demam dan gejala pilek atau hidung tersumbat. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa menghirup uap untuk memperlancar pernapasan. Cara itu adalah solusi terbaik untuk mengatasi kedua kondisi, demam sekaligus radang tenggorokan.

Makan sup ayamTerakhir, Anda bisa mengatasi radang tenggorokan dengan menikmati sup ayam hangat. Sebab para ahli berpendapat bahwa sodium dalam kaldu ayam merupakan anti inflamasi yang membuat Anda cepat sembuh dari radang tenggorokan.
Itulah cara terbaik mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, ada beberapa makanan pereda radang tenggorokan yang bisa Anda konsumsi, seperti pisang, wortel, telur rebus, dan hidangan lunak lainnya. (www.merdeka.com)


Baca juga artikel menarik lainnya:
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"