Selasa, 13 November 2012

7 Fakta penting tentang tidur


7 Fakta penting tentang tidur

Setiap orang disarankan untuk tidur selama enam sampai delapan jam sehari. Meskipun demikian ada juga beberapa orang yang bisa bertahan dengan tidur selama empat jam saja dalam semalam. Simak fakta penting lainnya tentang tidur seperti yang dilansir dari Third Age (25/10) berikut ini.
Waktu tidur sebentarTidak masalah jika Anda adalah salah satu orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam dalam sehari. Namun peneliti menyebutkan bahwa hanya ada sedikit orang yang tidur malamnya sebentar dan mampu melakukan aktivitas dengan normal di siang hari.
Usia dan tidurBeberapa orang menganggap semakin tua usia, semakin sedikit jumlah tidur yang dibutuhkan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab faktanya orang dewasa suka terbangun di tengah malam tetapi juga sering mencuri waktu di siang hari untuk tidur.

Tidur siangMemang benar tidur malam tidak bisa digantikan dengan tidur siang. Tetapi setidaknya tidur siang selama 15-20 menit di antara jam satu sampai tiga siang akan membuat Anda lebih segar. Terlebih jika memang Anda baru saja begadang.

Tidur akhir pekanSalah satu kebiasaan orang-orang adalah bangun sangat terlambat di akhir pekan. Padahal kebiasaan ini tidak baik. Sebab tubuh akan kehilangan ritme untuk mengontrol waktu tidur. Maka dari itu banyak juga yang mengeluh susah bangun pagi meskipun itu bukan akhir pekan.

Olahraga sebelum tidurBenarkah olahraga sebelum tidur membuat Anda akan tetap terjaga? Mungkin iya, tetapi ada juga yang tidak. Lagipula, olahraga termasuk aktivitas menyehatkan dan bisa dilakukan kapan saja. Coba buktikan saja sendiri untuk mengetahui hasilnya.

Seks dan tidurBercinta sebelum tidur dipercaya membuat pasangan susah tidur. Padahal seks membantu mengeluarkan hormon oxytocin yang menenangkan. Selain itu, pria bahkan cenderung langsung tertidur setelah bercinta. Jadi seks sebelum tidur tidak akan memberi masalah bagi Anda dan pasangan.

Makanan dan mimpi burukBelum ada penelitian yang menyebutkan bahwa makanan bisa membuat seseorang bermimpi buruk. Namun ada baiknya Anda memang tidak langsung tidur setelah makan. Sebab pencernaan harus bekerja mengolah makanan di dalam tubuh.

Itulah berbagai fakta penting tentang tidur. Pastikan Anda menjaga kualitas tidur demi menyambut hari berikutnya dengan lebih bersemangat.(www.merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"