Senin, 09 Juli 2012

Cegah Penyakit Jantung dengan Banyak Makan Buah dan Sayur

Banyak Makan Buah dan Sayur Cegah Penyakit Jantung
Buah dan sayuran memiliki beragam jenis. Keduanya bisa dikonsumsi segar atau diolah menjadi makanan. Mengandung sejumlah vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu wajib dikonsumsi setiap hari.

Buah dan sayur mengandung cukup vitamin, mineral dan serat. Kandungan kalori dan lemaknya juga rendah. Kedua makanan kaya serat ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa sayur dan buah dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO), makan buah dan sayuran setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Resiko tersebut bisa dicegah hingga 20 persen.

Telah diketahui tingkat kematian akibat penyakit jantung dua kali lebih tinggi. Terjadi pada orang yang berdiet tinggi lemak jenuh, lemak trans dan garam seperti pada junk food. Namun ada juga yang meninggal akibat penyakit jantung karena penyebab lainnya.

Dari hasil laporan angka kematian yang diperoleh WHO tahun 2008 sebanyak 17,3 juta jiwa meninggal akibat penyakit jantung. Diet yang tidak sehat, merokok, aktivitas fisik dan konsumsi minuman alkohol, adalah penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular.

Jika tidak ingin terkena penyakit jantung, wajib konsumsi buah dan sayur setiap hari. Bisa dimakan segar bisa juga dibuat jus, dan makanan lainnya. Harganya yang terjangkau, membuat buah dan sayur menjadi salah satu kebutuhan pokok sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"