Senin, 09 Juli 2012

Inca Berry si Kuning Emas Kaya Nutrisi

Inca Berry si Kuning Emas Kaya Nutrisi
Foto: goldenshop.telegraph.uk Jakarta - Buah berry yang kuning keemasan ini kini banyak diburu karena nutrisinya yang hebat. Sering tampil sebagai hiasan cake karena warna kuningnya yang cantik. Rasanya yang manis sedikit asam membuat berry ini enak dimakan segar dan kering.

Buah yang satu ini dikenal dengan nama Inca berry atau cape gooseberry atau golden berry. Berasal dari Columbia dan sangat digemari sebagai buah dekoratif. Hal ini disebabkan oleh kelopak buah kering seperti kertas yang selalu menutupi buahnya yang kuning keemasan membuat tampilannya sangat cantik eksotik.

Kini buah yang bernama Physalis peruviana ini mulai dijadikan buah superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah ini selain dimakan segar juga dikeringkan. Inca berry kering kulit buahnya berkeriput, mirip dengan sultana hanya saja sedikit lebih besar.

Kandungan serat buah ini lebih baik dibandingkan buah lainnya. Buah ini paling kaya serat dibandingkan buah berry lain. Kandungan seratnya dua kali kurma dan lebih banyak dari prune, blueberry, kismis dan aprikot.

Buah yang banyak digemari para chef karena cantik penampilannya ini kaya akan vitamin P (flavonoid) yang membantu penyerapan vitamin C dan memperlancar aliran darah. Juga menjadi sumber vitamin A, vitamin B, fosfor dan protein yang bagus.

Selain itu inca berry juga mengandung antioksidan tinggi yang sanggup mengatasi peradangan dan meredam pertumbuhan sel-sel kanker serta mencegah diabetes. Tak heran jika berry ini sekarang termasuk dalam kelompok superfood yang dicari di seluruh dunia.

Rasa yang manis-manis renyah membuat inca berry enak dibuat campuran dessert atau jus buah atau smoothies. Sedangkan yang kering dipakai sebagai campuran cake atau biskuit seperti buah kering lainnya. Inca berry segar bisa diperoleh di pasar swlayan besar demikian juga yang kering. Beberapa produsen suplemen sudah menjual dalam bentuk ekstrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"