Jumat, 02 November 2012

Tips Agar Bisa Lolos Seleksi Penerimaan PNS

Berminat ikut seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Sebelum melakukannya, baca dulu tips dari para PNS yang sudah lolos mengikuti berbagai tahapan seleksi. Apa saja yang mereka lakukan sehingga bisa diterima?

Kharisma Citra, PNS yang kini bekerja di bagian Publikasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, lolos seleksi pada 2010. Dia melalui banyak tes untuk bisa diterima mulai dari seleksi administrasi, kompetensi, kesehatan, hingga wawancara.

Wanita kelahiran 19 Februari 1982 itu mengatakan untuk bisa melalui tes CPNS yang paling penting adalah Anda harus memiliki wawasan yang luas. Pastikan Anda mengikuti perkembangan berita terkini. Saat ujian kompetensi, selain pengetahuan umum, pertanyaan mengenai berita terbaru banyak ditanyakan.

Setiap kementerian biasanya juga akan memberi tes kemampuan di bidangnya masing-masing. Misalnya saja jika Anda melamar di Kemeterian Pekerjaan Umum, akan ada banyak pertanyaan mengenai pekerjaan umum, begitu juga ketika ingin jadi PNS di Kementerian Kehutanan, wawasan mengenai kehutanan pun diuji.

Tes kemampuan ini dirasakan juga oleh Eka Prasetyawati, PNS di Badan Pembinaan Kostruksi Kemeterian Pekerjaan Umum. Dia menjalani seleksi pada 2008. Saat itu salah satu tes kompetensi yang dijalaninya adalah tes wawasan seputar Pekerjaan Umum.

"Pertanyaan biasanya sesuai dengan jurusan kuliah kita. Masih ada hubungannya dengan akademis masing-masing," ujar Eka saat berbincang dengan wolipop Rabu (31/10/2012).

Sementara itu menurut Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Gatot Sugiarto, dalam penerimaan seleksi CPNS ada tiga komponen yang harus dikuasai. Tiga komponen itu pertama adalah tes kepribadian, tes intelegensia dan tes wawasan kebangsaan.

"Tiga kriteria itu ditentukan dengan nilai ambang batas atau passing grade. Misalnya passing grade untuk sarjana minimal 25 untuk kepribadian, kalau dia skornya di bawah 25 otomatis dia tidak memenuhi syarat. Unsur tiga ini (kepribadian, intelegensia dan wawasan kebangsaan) harus di atas passing gradenya," urainya.

Selain menyiapkan diri untuk menjalani berbagai tes tersebut, ada hal lain yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan Anda memberikan berkas yang lengkap sesuai persyaratan saat mendaftar. Satu saja berkas lupa dicantumkan, Anda akan tidak lolos seleksi administrasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"