Selasa, 30 Oktober 2012

Nokia Tersingkir Dari 5 Besar Produsen Smartphone Dunia

Mantan jawara ponsel asal Finlandia, Nokia, kini telah tersingkir dari jajaran 5 besar produsem smartphone dunia. Menurut lembaga riset pasar IDC, nokia mengalami kemunduran yang cukup parah dan harus terdepak dari jajaran 5 besar produsen smartphone dunia.
Sebelumnya Nokia telah menduduki posisi 5 besar produsen smartphone dunia sejak tahun 2004 dan kini harus terdepak dan posisinya digantikan oleh RIM (Research In Motion) yang merupakan pembesut BlackBerry.
Pada kuartal ketiga tahun 2012, posisi 5 besar produsen smartphone dunia ditempati oleh Samsung (56,3%) di posisi pertama, kemudian disusul oleh musuh bebuyutan Samsung, yakni Apple (26,9%) di posisi kedua. Posisi ketiga ditempati oleh RIM (7,7%) sang pembesut BlackBerry.
Posisi keempat diduduki oleh produsen asal negeri tirai bambu, ZTE (7,5%) kemudian disusul oleh produsen smartphone kelas atas asal taiwan, HTC (7,3%).
Menurut IDC, kemunduran Nokia ini diakibatkan masa transisi dari smartphone Symbian ke platform Windows Phone ini telah menjadi kesempata bagi produsen lain untuk mencuri pasar Nokia.
“Transisi perusahaan dari Symbian ke platform Windows Phone telah meninggalkan banyak kesempatan bagi pesaing untuk mencuri pangsa Nokia selama 18 bulan terakhir. Namun, pasar smartphone masih relatif baru lahir, yang berarti ada ruang untuk beberapa vendor dan sistem operasi untuk berkembang, termasuk Nokia,” kata Kevin Restivo, analis senior IDC.
Samsung dan Apple saat ini memang sedang berada diatas angin. Samsung mengandalkan seri galaxy sedangkan Apple mengandalkan iPhone. Sementara itu, HTC juga mengalami peningkatan karena produknya seperti HTC One X dan HTC Evo 4G terbilang sukses.
Seperti yang dilansir dari Hexus (28/10/2012), Nokia yang sedang mengalami kemunduran ini telah menjual pabriknya yang berada di Finlandia untuk menutup kerugian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"