Selasa, 30 Oktober 2012

10 Cara Tunjukkan Perhatian pada Anak Meski Ibu Sibuk

 
Ibu mana yang tidak menyayangi anaknya? Sayangnya, karena kesibukan orangtua yang cukup banyak membuat anak merasa tak diperhatikan. Oleh karena itu, penting bagi para wanita karir yang memiliki anak untuk menunjukkan kalau si kecil begitu berarti dalam hidupnya.

Tidak ada salahnya melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka selalu merasa spesial di sela-sela kesibukan Anda. Ada cara yang bisa dilakukan agar si buah hati merasakan besarnya kasih sayang Anda. Berikut penjelasannya yang dikutip dari She Knows.

1. Katakan Kalau Dia Spesial
Memarahi atau mengritik anak memang jauh lebih mudah daripada memberinya pujian. Namun, Anda juga perlu memberitahukan si kecil kalau dia sangat istimewa bagi Anda. Dengan mengutarakannya secara langsung, anak bisa lebih percaya diri dan merasa dicintai. Hal itu baik untuk perkembangan kepribadian anak kedepannya.

2. Beri Kado Spesial
Anda perlu memberikannya hadiah khusus bila si kecil telah melakukan sesuatu yang membanggakan, seperti berhasil memenangkan suatu lomba atau meraih peringkat pertama di sekolahnya. Hadiah khusus bisa berupa membuatkan kue kesukaannya, mengajaknya pergi jalan-jalan, atau membelikan barang yang sedang diinginkan oleh anak Anda. Hadiah tersebut dapat membuat anak merasa spesial.

3. Sediakan Waktu Khusus Hanya untuk Anak
Aktivitas sehari-hari membuat Anda kurang mempunyai waktu untuk si buah hati. Namun, Anda tetap bisa menunjukkan kalau dia begitu spesial dengan menyediakan waktu sehari bersama si kecil. Ajak anak Anda belibur ke kebun binatang, berbelanja, atau ke tempat arena bermain ketika akhir pekan. Berlibur bersama anak bisa membuat dia senang.

4. Berikan Kejutan
Jangan hanya memberikan kejutan kepada pasangan, tapi Anda juga perlu menyiapkan surprise untuk si kecil supaya dia merasa istimewa. Anda dapat memanfaatkan momen tertentu, saat hari ulang tahun atau ketika dia meraih prestasi bagus di sekolahnya. Percayalah, kejutan bisa membuat orang merasa lebih spesial.

5. Ajak Anak Ngobrol Berdua
Jika Anda sering meluangkan waktu untuk mengobrol berdua, si kecil akan merasa Anda begitu perhatian dengannya. Tanyakan seputar minat dan bakat anak. Bila dia senang bermain musik atau menari, ‘masukkan’ dia ke dalam les musik atau bawa anak menonton konser dan seputar kegiatan menari. Selain bisa membuat anak merasa berarti, Anda akan tahu perkembangan bakat mereka secara signifikan.

6. Biarkan Dia Tahu Bahwa Anda Peduli
Biarkan anak tahu bentuk kepedulian Anda, misalnya si kecil jatuh dan terluka, Anda segera mengobatinya dengan lembut dan penuh kasih. Bentuk kepedulian seperti itu bisa bikin anak merasa istimewa.

7. Melakukan Kegiatan Bersama
Mungkin Anda sudah lelah pulang kantor pada malam hari. Namun, sebagai ibu, Anda jangan cepat lelah dalam mengurus anak. Jika ketika pulang, Anda melihat dia sedang sibuk menggambar sesuatu, ikutlah bergabung bersama si kecil. Bantu dia membuat gambar yang menarik dan ajarkan teknik-teknik baru saat menggambar. Hal itu dapat membuat anak merasa senang dan merasa tetap diperhatikan oleh orang tuanya walaupun Anda sibuk.

8. Dengarkan Keluhannya
Setiap orang pasti mempunyai masalah, tidak terkecuali dengan anak Anda. Maka dari itu, dengarkan keluhannya ketika dia ingin bercerita. Dengan mendengarkan keluh kesah si kecil, Anda bisa mengetahui apa yang sedang dia rasakan. Berikan anak solusi terbaik agar dia semakin ‘terbuka’ kedepannya.

9. Belajar Bersama
Setiap anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Namun, mereka tidak dapat belajar sendiri tanpa panduan dari Anda sebagai orang tuanya. Dia akan mencontoh apa yang Anda lakukan sehari-hari. Untuk itu, ajak anak dan berikan mereka saran mengenai nilai-nilai positif dalam kehidupan.

10. Beri Anak Kepercayaan
Semakin bertambahnya tahun, anak semakin dewasa. Maka dari itu, beri dia kepercayaan sejak dini supaya dia belajar bertanggungjawab dalam melakukan sesuatu. Jika Anda terlalu cemas dengannya, tidak menutup kemungkinan kalau anak sulit mempertanggungjawabkan tugasnya suatu hari nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"