Selasa, 30 Oktober 2012

Inilah 8 Do's & Don'ts Merawat Kulit Bayi


imgKulit bayi terutama yang baru lahir masih sensitif sehingga Anda harus merawatnya dengan baik. Pemilihan produk bayi yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah pada kulitnya. Ini yang perlu Anda ketahui soal bagaimana merawat kulit bayi:

1. Biasanya, bayi dimandikan dengan air hangat. Sebelumnya, tes dulu kondisi air yang akan digunakan bayi mandi dengan lengan atau siku Anda, jangan sampai terlalu panas atau dingin. Air yang terlalu panas bisa membuat kulit bayi menjadi kering.

2. Gunakan produk mandi yang diformulasikan khusus untuk bayi. Kandungan sabun untuk orang dewasa terlalu kuat untuk kelit si kecil, oleh karena itu, jangan sekali-kali menggunakan sabun Anda untuk memandikan buah hati.

3. Pijatlah tubuh si kecil dengan baby lotion setelah selesai mandi. Baby lotion akan menambah kelembaban kulit, sedangkan pijatan akan membuat si kecil lebih rileks. Penelitian yang dilakukan Touch Research Institute, Miami mengungkapkan bahwa memijat bayi sejak lahir terbukti mampu menaikkan berat badan bayi 47%. Bayi juga menjadi lebih sehat dan responsif.

4. Popok sekali pakai dapat membuat kulit si kecil teriritasi dan membuatnya memerah. Pastikan Anda tidak memakaikan popok sekali pakai terlalu ketat untuk menghindari hal tersebut.

5. Udara yang dingin dan kering bisa membuat kulit si kecil menjadi kering dan teriritasi. Oleh karena itu, jika udara sedang tidak bersahabat untuk kulit si kecil, oleskanlah lotion khusus padanya.

6. Agar si kecil semakin nyaman, gunakanlah bahan yang 100 persen terbuat dari katun. Bahan ini baik dalam menyerap keringat dan lembut di kulit si kecil.

Hindari membeli baju yang berbahan sintesis seperti nylon dan polyester. Bayi belum dapat mengontrol aktivitasnya, sehingga jika ia bergerak terus akan mudah berkeringat. Bahan nylon dan polyester tidak mudah menyerap keringat dan dapat menimbulkan risiko kulit kemerahan akibat gatal-gatal.

7. Hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia terlalu banyak. Sebaiknya pilihlah produk perawatan untuk si kecil yang mengandung bahan organik.

8. Jika Anda dan si kecil ingin menghabiskan waktu bersama di taman bermain dan di bawah matahari langsung, sebaiknya jangan lupa melindungi wajahnya dengan topi. Pilih busana yang menyerap keringat seperti katun dan tertutup agar si kecil tetap nyaman bearktifitas dan terhindar dari sinar UV. Sumber!



BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"