Kamis, 01 November 2012

Barcelona Nomor 3, Real Madrid Peringkat 10

Urusan menghasilkan pemain muda, kita tidak perlu lagi meragukan akademi Barcelona dan Real Madrid. Semua orang mengetahui bahwa akademi dua raksasa Spanyol ini adalah tambang emas yang tak pernah habis digali. Namun, urusan menggunakan pemain jebolan akademi sendiri, Barcelona dan Real Madrid masih di bawah klub-klub Liga Spanyol lainnya. Barca cuma berada di posisi 3 dalam jumlah pemain dari akademi sendiri. Madrid nomor 10. Peringkat pertama dan kedua, diduduki oleh Athletic Bilbao dan Real Sociedad.
Ada keuntungan tersendiri bagi klub-klub di Liga Spanyol kala krisis ekonomi menghantam mereka. Tak bisa merekrut pemain-pemain bintang, maka diangkatlah jebolan akademi sendiri untuk masuk ke tim utama. Banyak klub yang tak seberuntung Barcelona dan Real Madrid, menggunakan cara ini.
Alhasil, berdasarkan statistik yang dirilis Marca, 23,5% menit bermain di Liga Spanyol musim ini, dimainkan oleh anak-anak muda yang merupakan produk lokal klub. Dari segi keuangan, menetaskan pemain muda memang akan meringankan ongkos. Dan dari segi pembinaan, kehadiran mereka menunjukkan apiknya kerja klub. Plus, bisa menumbuhkan rasa bangga tersendiri dari fans.
Athletic Bilbao, klub yang menolak memakai jasa para pemain yang tak berdarah Basque, menjadi klub teratas dalam jumlah pemain akademi di tim utama mereka. Ada 16 pemain yang hadir. 13 di antaranya bermain secara reguler untuk kubu San Mames. Pemain binaan sendiri Rojiblancos, mendapat jatah bermain lebih dari 82%. Membuat mereka menjadi pengguna pemain akademi tertinggi di Liga Spanyol.

Barcelona memiliki 12 jebolan akademi. Namun, selain karena faktor cedera yang menimpa, terlihat bahwa Tito Vilanova tidak terlalu memberi kepercayaan sepenuhnya untuk jebolan La Masia. Total, ada 54% menit bermain Barcelona yang berasal dari hasil binaan sendiri. Membuat Barca berada di bawah Real Sociedad yang pemain akademinya memperoleh 74% menit bermain.

Real Madrid, yang menghasilkan banyak pemain binaan, tapi memilih untuk menggunakan bintang dari berbagai belahan dunia, berada di peringkat bawah. Nomor 10. Mereka cuma memakai Iker Casillas, Jose Callejon, Alvaro Morata, dan Alvaro Arbeloa yang berasal dari akademi. Morata masih sedikit mendapatkan kesempatan bermain, dan Callejon adalah spesialis supersub.

Madrid kalah dari Betis, Atletico, Levante, Mallorca, dan Espanyol yang rata-rata memberi kesempatan menit bermain untuk jebolan akademi mereka sebesar 20 hingga 25%. Los Blancos juga tertinggal dari Celta Vigo, tim yang mereka kalahkan 2-0 dua pekan lalu, yang menit bermain pemain binaan mereka, mencapai 36%.
Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Cara Ubah Ponsel Biasa Menjadi Smartphone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"