Minggu, 01 Juli 2012

Inilah 7 Makanan Yang Baik Untuk Menangkal Racun Polusi


Tampa kita sadari sebenarnya kita hampir tidak mungkin  bisa terhindar dari paparan polutan polusi berbahaya. Contohnya saja ketika kita terjebak macet di jalan seberapa banyak polusi udara yang di hasilkan dari kendaran yang kita hirup dan masuk keddalam tubuh kita, pastinya hal ini akan sangat beresiko bagi kesehatan kita. Namun kamu jangan khawatir akan hal ini ternyata ada beberpa makanan yang efektif menangakal racun dari polusi yang telah masuk kedalam tubuh kita nah, kamu mau tahu makanan apa aja itu simak berikut ini seperti dikutip dari detik.com.

1. Telur

Telur kaya akan protein dan omega-3. Telur ayam yang diternakkan secara alami 2 kali lebih banyak mengandung omega-3 dibandingkan telur yang dijual di toko. Apalagi peternakan lokal memberikan pakan organik sehingga risiko terpapar pestisida atau bahan rekayasa genetik lebih kecil.

2. Kenari

Seperempat cangkir kenari mengandung 160 kalori yang cukup menyediakan kebutuhan asam lemak omega-3 selama sehari. Kenari mengandung ALA, pelopor omega-3 di dalam tubuh yang kemudian diubah menjadi asam lemak. Selain kenari, biji rami juga mengandung nutrisi yang serupa.

3. Salmon

Banyak ikan yang kaya akan kandungan omega-3, tapi banyak juga juga terkontaminasi dengan merkuri dan PCB. Salmon liar di perairan dingin merupakan ikan yang paling banyak mengandung omega-3.

4. Lemak dan minyak nabati
Berbeda dengan lemak jenuh yang buruk untuk tubuh, lemak tak jenuh tunggal yang banyak terkandung dalam minyak nabati adalah lemak yang baik dan penting untuk tubuh. Minyak zaitun dan minyak lobak mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal.

5. Kedelai dan kacang-kacangan

Satu cangkir kacang kedelai atau kacang merah mengandung 200 – 1.000 miligram omega-3. Empat ons tahu mengandung sekitar 0,4 gram omega-3. Tempe dan susu kedelai juga banyak mengandung omega-3.

6. Sarden

Ikan sarden kaya akan DHA dan EPA meskipun kandungannya tak sebanyak salmon. Karena sarden juga banyak mengandung sodium, seimbangkan makanan dengan buah-buahan dan sayuran rendah sodium.

7. Minyak canola

 
Minyak canola mengandung 1.300 mg omega-3 per sendok makan dan lebih banyak dari minyak zaitun. Sayangnya minyak ini lebih jarang ditemui di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"