Kamis, 05 Juli 2012

Perbedaan Ultrabook, Notebook dan Netbook

 

Anda mungkin akan sulit ketika ditanya apa "Perbedaan Ultrabook, Notebook dan Netbook?", pasti anda akan binggung menjawabnya bukan? Oleh karena itu di sini akan diberikan penjelasan secara jelas tentang 3 gadget ini. Perbedaan Ultrabook, Notebook dan Netbook bisa dilihat secara fisik, maupun spesifikasinya, dengan melihat secara fisik kita bisa membedakannya, namun agar anda tidak binggung dengan istilah ini, anda akan saya pandu pelan-pelan sehingga anda mendapatkan pemahaman yang benar tentang antaraUltrabook, Notebook maupun Netbook. Untuk lebih memahami secara benar awalnya anda harus tahu terlebih dahulu dengan Ultrabook, silahkan anda baca salah satu uraian lengkap saya tentang Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik.

 
Apa itu Ultrabook?

Ultrabook adalah merupakan perpaduan antara kecanggihan sebuah PC Game dengan Tablet PC yang memiliki tipis kurang dari 20 mm dengan spesifikasi yang sangat tinggi, ultrabook ini bisa digunakan dalam kondisi yang ekstrim layaknya PC desktop. Berikut salah satu review saya tentang Acer Aspire S3 yang disebut sebagai Ultrabook tertipis pertama di Indonesia, baca ini  Kelebihan Ultrabook Acer Aspire S3 . Kemampuannya bisa setara dengan PC Game. Jadi, kesimpulannya, dalam sebuah notebook dengan desain tipis dan staylish (Ultrabook).
1
 
Contoh Ultrabook Acer Aspire S3
Anda bisa mendapatkan: kemampuan dan responsivitas, keamanan/security tinggi, kemampuan HD/HQ media dan gaming, baterai yang tahan lama, performa prosesor yang sangat tinggi, dan juga harga yang kompetitif. Ultrabook sangat ringan dan tipis, merupakan suatu hal yang tidak bisa di kompromikan bila Anda menginginkan notebook yang portable dan tidak membebani Anda karena beratnya. Bertenaga, relative karena penggunaan sebuah perangkat berbeda-beda. Menawan, pengguna menginginkan tampilan menarik karena tuntutan lifestyle. Dalam bahasa saya adalah : Ultrabook pasti termasuk Notebook, tapi notebook belum tentu Ultrabook. Anda bisa melihat secara nyata contoh ultrabook dariSpesifikasi Ultrabook Acer Aspire S3.

Apa itu Notebook?
Apa perbedaan mendasar dari sebuah Notebook dengan Ultrabook? Dalam logikanya adalah sebuah Notebook bukan sebuah Ultraboook, tapi Ultrabook pasti sebuah Notebook. Perbedaan secara mendasar dari sebuah Notebook terlihat dari spesifikasinya, tampilannya dan berbagai komponen yang ada di dalamnya, sepintar ketika kita dihadapkan pada 2 gadget yakni Ultrabook dan Notebook, jika tidak jeli kita akan tertipu apa itu Notebook atau malah Ultrabook. Untuk lebih meyakinkan diri anda, saya sadur pengertian mendasar dari Notebook darihttp://id.wikipedia.org.


Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptopnotebook, ataupowerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
1
Notebook

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket [[USB]/Universal Serial Bus] maupun PS/2 jika tersedia.

Perbedaan Ultrabook, Notebook dan Netbook diatas setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran kepada anda, lalu bagaimana dengan Netbook?

Apa itu Netbook?
Netbook bentuknya lebih kecil, netbook tidak memiliki DVD seperti halnya Ultrabook dan Notebook, hanya saja ada DVD eksternal, spesifikasinya juga dibawah Ultrabook maupun Notebook. Seperti dilansir Wikipedia bahwa Netbook :
1
Netbook
Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.
Netbook biasanya menggunakan Windows XP ataupun Linux sebagai basis sistem operasi[3] daripada sistem operasi yang memakan sumber daya komputer yang lebih besar seperti Windows Vista. Ukuran perangkat ini berkisar 4.8 inci hingga lebih dari 13 inci, umumnya memiliki berat antara 2 hingga 3 pond (~1 kg) .
Apa anda sekarang telah memiliki gambaran secara jelas sebuah Ultrabook, Notebook maupun Netbook? Semoga saja ya. Perbedaan Ultrabook, Notebook dan Netbook ini penting sehingga di lain waktu anda tidak tertipu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"