Rabu, 04 Juli 2012

Inilah 4 Makanan Pembakar Kalori yang Perlu Dikonsumsi Tiap Hari

img 
Tubuh membutuhkan kalori agar manusia bisa beraktivitas dengan normal setiap hari dan organ-organ tubuh berfungsi dengan semestinya. Namun kalori bisa bermasalah jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh, salah satunya menyebabkan kegemukan.

Banyak orang tak sadar dirinya telah mengasup kalori melebihi batas normal harian (2.000 kalori/ hari) sehingga kegemukan pun menjadi masalah yang dialami hampir setiap orang. Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga, tapi Anda juga bisa menjadikan proses pembakaran tersebut lebih efektif dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu setiap hari, khususnya saat sarapan dan makan malam. Ini dia empat jenis makanan tersebut, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Buah Kaya Akan Vitamin C
Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, lemon atau jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang bisa menstimulasi carnitine amino acid, jenis asam amino yang berperan penting dalam proses pembakaran kalori. Konsumsilah jeruk, stroberi, jambu atau buah kaya vitamin C lainnya 1-2 jam setelah makan untuk mencegah penumpukan kalori berlebih.

2. Salmon
Ikan dengan citarasa gurih dan 'manis' ini memperbanyak produksi leptin, yaitu hormon yang bertugas mengontrol hasrat makan dan membantu penurunan berat badan lebih efektif. Salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3, yang bermanfaat mengatur kadar gula darah sehingga rasa lapar bisa terkontrol termasuk juga asupan kalori.

3. Cabai
Cabai merupakan salah satu makanan terbaik untuk membakar kalori. Kandungan zat capsaicin dalam cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang membuat proses pembakaran kalori jadi lebih efektif. Proses pembakaran tersebut biasanya berlangsung 20 menit setelah mengonsumsi cabai. Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan karena bisa berbahaya bagi lambung. Saat makan, tambahkanlah sedikit irisan cabai segar atau bubuk cabai ke dalam makanan Anda.

4. Madu
Pilihan yang bijak jika Anda mengganti gula pasir dengan madu sebagai pemanis makanan atau minuman. Madu merupakan bahan yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh --yang pada akhirnya memacu pembakaran kalori dan penurunan berat badan berlebih. Tambahkan madu ke atas roti gandum atau campur dengan teh hangat saat sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"