Rabu, 04 Juli 2012

Inilah 7 Hal yang Menyebabkan Perut Mulas

img  
Jika perut Anda mulas, cari tahu penyebabnya dengan mengingat kembali makanan yang Anda makan sebelumnya. Tetapi jika mulas yang Anda rasakan konstan, Anda perlu mencari tahu penyebab lain dari mulas yang tidak hanya disebabkan oleh makanan.

Berikut 7 hal yang dapat menyebabkan perut mulas, seperti dilansir dari health, Rabu (4/7/2012) antara lain:

1. Merokok

Merokok dapat membuat katup antara perut dan kerongkongan menjadi lemah, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan hingga muncul sensasi terbakar pada kerongkongan dan menyebabkan rasa mulas di perut.

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Jika Anda rawan menderita sakit kepala, pertimbangkan lagi jika ingin mengatasinya dengan minum obat nonsteroid seperti ibuprofen atau naproxen, karena obat ini dapat memicu mulas.

Beberapa resep antibiotik juga dapat menyebabkan mulas, misalnya seperti antibiotik untuk tekanan darah tinggi, albuterol untuk asma, obat osteoporosis, dan beberapa obat penenang.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda berpikir obat yang Anda konsumsi menyebabkan mulas. Jangan memutuskan untuk berhenti minum obat tanpa saran dari dokter.

3. Suplemen minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk mengelola penyakit jantung, depresi, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Namun, asam lemak omega-3 juga dapat menyebabkan perut mulas.

4. Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang gejala mulas berhubungan dengan stres. Stres dapat meninggalkan efek neurologis yang memicu rasa sakit pada kerongkongan dan menyebabkan perut mulas.

5. Peppermint

Peppermint, seperti minyak ikan, memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tetapi dapat menimbulkan efek samping perut mulas. Efek menenangkan pada mentol cenderung dapat mengendurkan katup yang memisahkan perut dengan kerongkongan yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dengan lebih mudah.

6. Kelebihan berat badan

Semakin berat badan Anda, semakin besar kemungkinan perut mulas. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa risiko refluks asam penyebab mulas meningkat seiring dengan meningkatnya indeks massa tubuh (BMI/Body Mass Index).

Asosiasi ini tampaknya lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria, terutama pada wanita premenopause. Penyebab yang mungkin adalah karena pola makan yang buruk, kelebihan lemak di perut, dan bahan kimia yang dirilis oleh lemak tubuh.

7. Gen

Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 30 sampai 45 persen risiko perut mulas tergantung pada faktor genetik. Sisanya dapat dipengaruhi oleh makanan yang anda makan, kebiasaan merokok dan kurangnya olahraga.

Sifat fisik yang diwariskan oleh orang tua seperti kelainan fungsi perut atau hipersensitif terhadap asam lambung dapat mempengaruhi sensitifitas perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"