Jumat, 06 Juli 2012

Inilah 10 Hiu Besar Sang Penguasa Samudra

Hiu sangat populer sebagai makhluk laut paling ganas. Bangsa-bangsa di kawasan Pasifik, seperti Hawaii bahkan punya mitos yang meyakini hiu sebagai penjaga samudera. Mereka menyebutnya Aumakua.

Sesungguhnya, tak semua jenis hiu tergolong berbahaya. Ukuran dan bobot tidak bisa dijadikan pedoman kekejaman hiu. Nah, guna mengenal penguasa lautan ini, tak ada salahnya kita lihat 10 hiu berukuran besar.

1. Whale Shark

Whale Shark (Rhincodon Typus) adalah hiu TERBESAR di dunia! Hiu paus dapat hidup sehingga 41 kaki (sekitar 12 meter) dan berat hingga 15 tons.

Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) tidak termasuk golongan buas, gerak mereka sangat lambat dan hanya memakan ‘phytoplankton’. Populasinya ada di sekitar laut khatulistiwa dan perairan yang hangat. Spesies yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

2. Basking Shark

Hiu Basking - nama latin:  Cetorhinus Maximus, menempati posisi sebagai ikan hiu terbesar ke 2 di dunia. Panjangnya bisa mencapai 40 kaki, dan pernah tertangkap dengan berat hingga 19 ton. Meskipun berbadan besar, hiu jenis ini cenderung lambat dan bukanlah predator alias pemangsa, sama seperti hiu paus.
3. Great White Shark
Great White Shark (Carcharodon Carcharias), adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Dapat mencapai panjang hingga  26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg).Hiu Great White adalah hiu terakhir dari jenis species, Carcharodon. Teritorialnya sangat luas, dapat di temukan di lepas pantai semua lautan. Film "Jaws" terinspirasi dari hiu jenis ini.

4. Tiger Shark

Tiger Shark (Galeocerdo Cuvier) menempati urutan ke-4 hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga 24.3 kaki. Seperti halnya hiu putih, spesies yang satu ini juga terkenal dengan kekejamannya. Dari semua jenis hiu yang ada, hiu macan terkenal suka menyerang perenang. Habitatnya di daerah perairan khatulistiwa dunia tetapi lebih cenderung di sekitar perairan Pasifik.

5. Pacific Sleeper Shark
Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik yakni merupakan salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Meskipun biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut.Hiu Pacific Sleeper (Somniosus pacificus) bisa mencapai panjang 23 kaki dan berat hingga 800 lbs (362,87 kg).

6. Greenland Shark

Hiu Greenland Shark (Somniosus Microcephalus) dikenal juga dengan ‘sleeper shark’, ‘gurry shark’, ground shark’, ‘grey shark’ atau ‘ Inuit Eqalussuaq.

Hiu ini dapat tumbuh hingga 21 kaki, hidup di sekitar perairan Atlantik utara dekat wilayah Greenland dan Iceland. Yang menakjubkan, usianya bisa mencapai 200 tahun, karena itulah termasuk jenis vertebrata (bertulang belakang) dengan usia hidup terlama. 

7. Great Hammerhead Shark

Great Hammerhead (Sphyma mokarran) adalah hiu terbesar dari semua jenis hiu hammerhead (hiu martil) yang dapat hidup hingga 20 kaki.

Great Hammerheads dapat di temukan di seluruh dunia layaknya hiu–hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, Great Hammerhead sebisa mungkin menghindar dari manusia. Dengan kata lain, hiu ini sangat pemalu. Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat 1280 lbs (580,59 kg)

8. Thresher Shark

Thresher Shark adalah jenis hiu besar yang bisa mencapai panjang hingga 18 kaki. Hiu ini biasa nya hidup di perairan khatulistiwa.
Hiu Thresher seringkali terlihat ‘ramping’ dari ukuran sebenarnya. Tetapi jangan tertipu oleh muslihatnya, karena hiu ini dapat mencapai berat hingga 1100 lbs (498.95 kg).

9. Bluntnose Sixgill Shark



Hiu Bluntnose Sixgill (Hexanchus griseus) kita masukkan di urutan ke-9. Panjangnya maksimal sekitar 15,8 kaki. Banyak orang menyebutnya hiu sapi.Kebanyakan jenis dari saudara hiu ini sudah punah. Warnanya bervariasi dari warna coklat hingga mendekati hitam.


10. Bigeye Thresher Shark
Jenis ikan hiu Bigeye Thresher (Alopias superciliosus) dapat di temukan di daerah laut khatulistiwa di kedalaman 1650 kaki di dasar laut. Hiu Bigeye Thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dan dapat hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar hingga 795 lbs (360.60 kg).Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"