Sabtu, 26 Mei 2012

Inilah 7 Kebiasaan Sepele Yang Mengganggu Kesehatan Orang Lain

Kebisan sepele yang sering dalakukan orang pada umumnya biasa diangap tidak memiliki resiko apa apa tapi taukah kamu kalau ada beberapa kebiasan sepele yang sering di lakukan ternyata dapat mengagu kesehatan orang lain. Mau tahu kebiasan apa aja itu simak berikut ini seperti di kutip dari detik.com

1. Meludah atau buang dahak sembarangan
Berbagai jenis kuman penyakit bisa menular melalu droplet atau bercak dahak. Kebiasaan meludah dan membuang dahak sembarangan bisa menyebarkan kuman tersebut ke sekitar.
Sayangnya meludah sembarangan masih sering dilakukan orang Indonesia, sampai-sampai harus dipasang peringatan di tempat-tempat umum seperti lapangan futsal. Nenek-nenek yang suka mengunyah sirih juga sering meludah sembarangan dan meninggalkan bekas berwarna merah di mana-mana.

2. Buang sampah sembarangan
Di tempat umum, tidak jarang ditemui orang dengan cueknya meninggalkan sampah begitu saja meski tersedia tempat sampah di dekatnya. Sampah yang membusuk akan dihinggapi lalat dan serangga lain, yang kemudian akan menyebarkan kuman-kuman penyebab penyakit di lingkungan sekitarnya.

3. Kencing  sembarangan
Urine normal seharusnya steril. Namun seperti dikutip dari WebMD, air kencing juga bisa mengandung bakteri atau jamur dan bisa menular ke mana-mana ketika ada orang pipis sembarangan.
Masalahnya, terbatasnya fasilitas toilet umum sering membuat beberapa warga, khususnya laki-laki, enggan menahan hasrat kencing terlalu lama. Begitu ada tempat yang agak terhalang, misalnya di belakang mobil parkir, langsung saja buka celana dan pipis di tempat itu.

4. Bersin tidak tutup hidung
Saat bersin, seseorang bisa melontarkan partikel-partikel dahak dengan kecepatan mencapai 100 mil perjam. Seperti dikutip dari Howstuffworks, berbagai kuman yang mungkin ada dalam dahak bisa menyebar dengan sangat cepat ke orang-orang di sekitarnya.
Saat berada di tempat umum, tak jarang dijumpai orang bersin tidak menutup hidung dan mulut. Agar saat bersin kumannya tidak menyebar, mulut dan hidung harus ditutup di tissue atau jika tidak ada maka sebaiknya diarahkan ke kain lengan baju.

5. Buang lendir batuk pilek sembarangan
Tissue yang berserakan sering berisi ingus atau dahak yang dikeluarkan dari hidung seseorang saat pilek. Seharusnya sampah tersebut dibuang di tempat khusus, namun banyak yang malas melakukannya.
Tissue bekas berisi ingus atau dahak bisa menyebarkan kuman-kuman penyebab infeksi meski sudah dilipat sampai rapat. Daripada dibuang sembarangan dan membahayakan orang lain, tidak ada salahnya untuk mengantonginya sampai menemukan tempat sampah yang tertutup.

6. Tidak cuci tangan sebelum makan
Cuci tangan merupakan 1 poin tersendiri dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sayang banyak yang abai karena merasa tangannya masih bersih meski habis menyentuh benda-benda yang sering dihinggapi kuman misalnya gagang pintu.
“Penyebab kematian utama anak-anak akibat infeksi karena kontak langsung seperti diare dan influenza, tapi dengan mengubah perilaku seperti rajin cuci tangan bisa membantu mengurangi penyakit infeksi,” kata dr Kirana Pritasari, MQIH dari Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu lalu.

7. Buang permen karet sembarangan
Sampah permen karet bisa menjadi masalah kesehatan karena pasti ada cairan tubuh seseorang misalnya air liur yang menempel di sana. Ratusan jenis bakteri penyebab penyakit bisa menempel pada sampah permen karet.
Cara membuang sampah permen karet adalah memasukkannya kembali ke bungkusnya, dilipat lalu dimasukkan tempat sampah. Namun dalam kenyataannya, banyak ditemukan sampah permen karet ditemukan menempel di bawah meja, kursi dan bahkan tiang listrik atau tempat untuk berpegangan di halte bus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"