Sabtu, 26 Mei 2012

Indahnya Cumi-cumi Bercahaya

Squid Firefly adalah cumi yang bercahaya, panjangnya hanya tiga inci. Cumi ini dilengkapi dengan organ khusus penghasil cahaya yang disebut photophores yang memancarkan cahaya biru dari dalam. Photophores besar dalam tubuh cumi terletak di ujung tentakel serta sekitar mata sedangkan Ribuan photophores kecil dapat ditemukan di seluruh tubuh cumi, memberikan kemampuan untuk memancarkan cahaya sepanjang tubuh cumi. Cumi jenis ini ditemukan melimpah di tengah laut Teluk Toyama, Jepang. Biasanya hidup pada kedalaman 1200 kaki di bawah air, gelombang di teluk Toyama mendorong cumi ke permukaan dalam jumlah besar dan dipancing pada bulan Maret sampai Juni. Cumi Firefly juga dianggap lezat di Jepang.
 
 
cahaya yang dipancarkan oleh cumi cahaya menyebabkan permukaan laut bersinar biru kobalt, membuat semua orang yang melihatnya terpesona. Lampu-lampu dari ribuan cumi cahaya dapat flash serentak atau berganti-ganti dalam jumlah banyak seperti pola animasi. diperkirakan cahaya yang berubah itu memiliki fungsi yg berbeda-beda diantaranya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pasangan atau saingan cumi-cumi, juga dapat digunakan untuk menyamarkan bentuk cumi-cumi dan membingungkan predator untuk melarikan diri. Di sisi lain, diyakini bahwa cumi-cumi juga dapat menggunakan lampu biru mereka untuk menarik mangsa. Dengan memainkan cahaya, cumi-cumi dapat menarik ikan kecil dan kemudian menerkam mereka dengan tentakel mereka yang kuat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"