Jumat, 25 Mei 2012

Inilah 10 Tips Makanan Sehat

Para ahli percaya kunci makan dengan sehat adalah keseimbangan, macamnya dan cukup. Pendek kata, ini berarti makan berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Ada 10 tips yang dapat membantu Anda mengikuti saran ini dan masih tetap dapat menikmati makan enak.


1. Makan Makanan Kaya Nutrisi. Anda membutuhkan 40 jenis nutrisi berbeda untuk mendapatkan tubuh sehat, dan itu tak bisa didapatkan dalam satu jenis makanan. Makanan sehari-hari yang Anda santap seharusnya memasukkan juga roti dan produk padi-padian penuh lainnya. Lengkapi pula dengan buah-buahan, sayuran, produk susu dan daging, ikan dan makanan berprotein lainnya. Seberapa banyak makanan yang Anda butuhkan tergantung dari kebutuhan kalori.



2. Pilih Berbagai Jenis Padi-Padian Penuh, Buah dan Sayur. 
Menurut survey kebanyakan orang tak cukup makan makanan jenis ini. Apakah dari 6-11 makanan yang Anda makan, mulai dari roti, nasi, sereal dan pasta, 3 di antaranya padi-padian penuh? Apa Anda memakan buah-buahan dan 3-5 porsi sayuran? Jika Anda menjawab tidak, mulai biasakan melakukannya. Untuk membuat makanan ini terasa lezat disantap, coba beli buku resep untuk memasak berbagai jenis sayuran.

3. Menjaga Berat Badan.  
Berat badan ideal Anda tergantung dari beberapa hal termasuk faktor jenis kelamin, tinggi, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan mengurangi kelancaran aliran darah, mempertinggi kemungkinan terkena sakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker. Tetapi terlalu kurus juga dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis, ketidaklancaran menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jika Anda kehilangan berat badan dan jadi gemuk terus menerus secara bergantian, melakukan diet teratur dapat membantu Anda mengembangkan pola makan seimbang untuk memanajemen berat badan. Latihan secara teratur juga penting untuk menjaga kesehatan.

4. Makan Dalam Porsi Cukup. 
 Jika Anda menjaga ukuran porsi makan secara layak, lebih mudah untuk menyantap makanan apa saja yang Anda suka dan tetap sehat. Tahu kah Anda kalau porsi daging masak yang direkomendasikan hanya 3 ons? Seporsi buah dan satu mangkuk pasta dianggap sebagai porsi seimbang untuk menjaga kesehatan. Satu gelas es krim sama dengan makan 4 porsi.

5. Makan Secara Teratur. 
Melewatkan jam makan malah akan membuat Anda susah mengontrol rasa lapar, dan ini mendorong Anda makan berlebihan. Saat Anda merasa sangat lapar, biasanya cenderung makan apa saja tanpa memperhatikan nutrisi. Ngemil di antara jam makan juga membantu mengurangi rasa lapar, tapi jangan banyak-banyak bisa-bisa Anda kebanyakan ngemil dan meninggalkan makan inti.

6. Kurangi, Bukan Meninggalkan Makan. 
Kebanyakan orang makan demi kesenangan. Jika makanan favorit Anda makanan berlemak, tinggi garam atau gula, kunci untuk tetap sehat adalah makan secukupnya dan seberapa sering Anda memakannya. Kenali isi dari makanan yang Anda makan dan buat perubahan, jika itu memang diperlukan. Bagi orang dewasa yang makan daging merah atau produk susu di setiap kali makan, sebaiknya dikurangi. Gunakan panel fakta nutrisi di label makanan sebagai panduan. Pilih produk susu tanpa lemak atau rendah lemak dan kurangi makan daging. Kalau Anda penggemar ayam goreng, tak jadi masalah. Kurangi seringnya Anda makan. Saat makan bersama teman, tawarkan untuk berbagi.

7. Pilih Makanan Seimbang.  
Tidak semua jenis makanan harus ‘sempurna.’ Saat makan makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih makanan lain yang memiliki isi lebih rendah. Jika Anda melewatkan beberapa jenis makanan dalam satu hari, ganti di hari berikutnya. Usahakan memilih makanan yang saling melengkapi gizi dan nutrisi dari hari ke hari.

8. Kenali Perangkap Makanan. 
Untuk memperbaiki pola makan, yang pertama harus Anda ketahui adalah apa yang salah dengan hal itu. Tulis setiap makanan yang Anda makan selama tiga hari. Lalu periksa daftarnya dan cocokan dengan semua tips di atas. Apa Anda terlalu banyak ngemil, atau terlalu banyak makan-makanan berlemak? Jangan meninggalkan makanan ini, hanya kurangi porsinya. Apa Anda sudah cukup makan buah dan sayur? Jika belum tambahkan lah.

9. Buat Perubahan Secara Berkala. 
Tak ada ‘makanan super’ atau jawaban mudah untuk diet sehat, jangan berharap dapat mengubah pola makan Anda hanya dalam waktu semalam. Mulai lah dengan niat melakukan hidup sehat dan melakukan perubahan secara bertahap, dan bertahan untuk sepanjang hidup. Untuk penyesuaian, jika Anda tak suka susu tanpa lemak, mulai lah dengan memilih susu rendah lemak, sampai suatu hari Anda mungkin akan menyukai juga susu tanpa lemak.

10. Ingat, Tak Ada Makanan Baik Atau Buruk
Pilih jenis makanan sesuai dengan kebutuhan total Anda, bukan berdasarkan makanan yang ‘baik’ atau ‘buruk.’ Jangan merasa bersalah jika Anda sangat menyukai makanan seperti kue pie, kripik kentang, cokelat atau es krim. Tetap makan apa yang Anda sukai, tapi ingat, secukupnya saja. Dan pilih makanan lain sebagai penyeimb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"