Selasa, 02 Juli 2013

Ternyata Otak Lebah Mirip Otak Manusia

Lebah madu hanya memiliki empat tipe sel saraf (neuron). Jumlahnya pun kurang dari satu juta neuron. Jumlah yang sangat sedikit dibanding neuron manusia. Namun, otak manusia dengan otak lebah madu tak jauh berbeda.

Sciencemag melansir, jika dilihat dari pembagian belahan, otak manusia dibagi dalam dua belahan, kiri dan kanan. Otak kanan mengontrol tubuh bagian kiri dan sebaliknya. Riset terbaru menunjukkan hal serupa juga terjadi padi pada otak lebah madu.

Para peneliti melakukan percobaan dengan menghilangkan salah satu antena lebah madu,  kiri atau kanan. Lebah yang masih memiliki anteba kanan (antena kiri dihilangkan) lebih cepat mengenali lebah-lebah dari koloni yang sama, menjulurkan lidah (menunjukkan keinginan makan), dan lebih mampu mengusir lebah asing.

Sedangkan lebah yang hanya memiliki antena kiri butuh waktu lebih lama dalam mengenali lebah dari koloninya, terlihat tak berminat makan, dan salah mengenali lebah sekoloni dengan lebah asing.

Dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti menyimpulkan otak lebah madu memiliki pembagian sisi seperti otak manusia. Mereka juga menemukan antena kanan juga mengontrol beberapa perilaku lain seperti waggle dance.  Waggle dance atau tarian lebah adalah perilaku 'canggih' lebah untuk menunjukkan tempat sumber pakan pada koloninya. Lebah yang melakukan waggle dance agar menari membentuk angka delapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"