Minggu, 30 Juni 2013

Penyebab Bibir menjadi Hitam dan Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang bikin penampilan bibir jadi jelek adalah ketika bibir berwarna hitam. Kehilangan warna merahnya ternyata disebabkan beberapa hal yang tak terduga.

Sebenarnya hal ini merupakan salah satu gejala problem pada kulit, hanya saja banyak wanita yang menganggapnya hal yang biasa saja. Berbeda dengan problem lain yang mudah diatasi, ternyata bibir kehitaman ini dua kali lebih bandel ketimbang problem jerawat. Untuk mengatasi problem ini, lebih baik kenali dulu beberapa penyebabnya:

1. Merokok
Penyebab utama bibir hitam adalah nikotin yang terkandung di dalam rokok. Dengan kebiasaan merokok, maka perlahan bibir akan kehitaman dan pecah-pecah. Tak jarang jika bibir jadi tidak cantik lagi.

2. Kafein
Demikian juga pecinta kopi yang mengonsumsi kopi lebih dari dua kali sehari. Bibir akan perlahan berubah kekuningan, kemudian kehitaman dalam beberapa lama. Bahkan, parahnya hal ini tidak dapat diatasi dengan banyak minum air putih saja.

3. Terpapar sinar matahari
Saat ini matahari menjadi efek buruk dan memunculkan banyak problem kulit. Nah, terpapar sinar matahari ternyata juga mempengaruhi warna bibir. Bibir jadi berwarna kegelapan dan cenderung pecah-pecah.

Inilah mengapa sangat penting memakai lip balm dengan kandungan SPF tinggi setiap berkegiatan di luar ruangan.

4. Produk lipstik
Selama ini wanita hanya peduli dengan membersihkan sisa makeup di mata dan kulit wajah saja, sedangkan sisa lipstik di bibir dibiarkan. Padahal, pewarna lipstik bisa saja tinggal di sana dan menyebabkan warna bibir menjadi berubah kehitaman.

5. Kehilangan kelembaban
Kehilangan kelembaban pada kulit tidak hanya membuat kulit kering dan pecah-pecah saja. Efeknya pada bibir dapat membuat bibir berwarna kehitaman.

6. Sering menggigit bibir
Para ilmuwan membuktikan bahwa sering menggigit bibir dapat memicu terjadinya pigmentasi pada bibir yang menyebabkan bibir jadi gelap. Demikian juga dengan menjilat bibir, yang membuat kondisi bibir jadi mudah kering.

7. Kekurangan vitamin C
Vitamin membantu metabolisme tubuh serta menjadi sumber nutrisi yang dapat mempercantik kulit. Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan bibir kehitaman dan pecah-pecah.

Cara mengatasi bibir kehitaman:
  • Berhenti merokok! Apapun alasannya, rokok tidak baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
  • Batasi konsumsi kafein dari teh dan kopi.
  • Pakai scrub khusus untuk bibir setiap minggu.
  • Pakai lip balm dengan kandungan minimal SPF 15.
  • Minum air mineral 1-2 liter sehari.
  • Hindari kebiasaan menggigit bibir.
  • Membersihkan sisa lipstik dengan makeup remover sebelum tidur sehingga bekasnya tidak tertinggal.
Nah, jaga juga ya kecantikan bibirmu dengan cermat agar cantik lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"