Kamis, 18 Juli 2013

Benarkah Vitamin D Merupakan Pengontrol Asma?

 
Penyakit asma bisa jadi sangat sulit untuk dikontrol. Sering pula penyakit tersebut kambuh di saat-saat genting. Tidak adakah yang dapat dilakukan untuk mengontrol gejala asma?

Webmd.com memberitakan bahwa ternyata ada artikel terbaru terkait dengan usaha mengontrol penyakit asma. Artikel tersebut dikabarkan muncul di dalam edisi September dari Annals of Allergy, Asthma & Immunology.

Di dalam artikel tersebut dinyatakan bahwa sebenarnya vitamin D dapat membantu Anda mengontrol gejala asma. Artikel tersebut memberikan ulasan tentang penggunaan vitamin D dalam pengobatan asma dan ditemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan reaktivitas saluran napas.

Belum lagi, kurangnya vitamin D di dalam tubuh dapat pula menyebabkan turunnya kemampuan atau fungsi paru-paru dalam menyerap udara sehingga menyebabkan buruknya kontrol terhadap penyakit asma. Defisiensi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain obesitas, hidup di daerah yang kurang mendapat sinar matahari, serta kulit yang terlalu gelap. Semua ini mengakibatkan sulitnya menyerap vitamin D dari sumber terbesarnya, yaitu matahari.

Dari sumber tersebut, hasil penelitian juga menemukan sebuah solusi, yaitu mengontrol penyakit asma dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D. proses pemberian suplemen tersebut dimaksudkan untuk memblokir masuknya protein yang menyebabkan peradangan di paru-paru, serta meningkatkan produksi protein intrleukin-10 yang memiliki efek anti peradagangan.

Vitamin D juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga kemungkinan untuk terserang penyakit juga berkurang. Mulai sekarang, tingkatkan kandungan vitamin D ya.

1 komentar:

  1. Sinar matahari kan banyak mengandung vitamin D, kira-kira cukup gak hanya dengan bermodalkan sinar matahari ?

    BalasHapus

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"