Sabtu, 19 Januari 2013

Maha Kumbh Mela, Ritual Mandi Telanjang Penghapusan Dosa di India

Ada banyak ritual unik di dunia. Salah satunya Maha Kumbh Mela. Ritual mandi telanjang untuk penghapusan dosa ini digelar di India dan dilakukan sekali dalam 12 tahun.
The Kumbh Mela is said to cost Rs. 11.5 billion or $210 million.
Festival unik Maha Kumbh Mela adalah ritual keagamaan yang dipercaya mampu membebaskan seseorang dari dosa. Acara ini berlangsung 55 hari dan dimulai pada Senin lalu.

Diperkirakan Maha Kumbh Mela akan dihadiri oleh 100 juta manusia. Bagi pemeluk agama Hindu di India, mandi di tepi Sungai Gangga – yang dianggap suci – bisa membebaskan mereka dari siklus mati serta reinkarnasi.

“Baik di kehidupan kini maupun sebelumnya, saya dan kami semua mandi untuk menghapus dosa,” ujar Swami Shankaranand Saraswati (77).

Tak ada perasaan segan dan malu bagi mereka yang bermandikan air di tepi Sungai Gangga tanpa busana. Mereka yakin ini kesempatan bagi mereka untuk menyucikan dosa-dosa yang telah diperbuat.

 Penganut Agama Hindu India percaya jika Sungai Gangga miliki kemampuan untuk itu. Sungai Gangga juga diyakini membebaskan individu dari moksha (kitaran hidup dan mati) serta membuat mereka lebih dekat dengan Braham (yang maha tinggi).

 Festival Maha Kumbh Mela dilakukan di empat kota alternatif di India. Kota-kota tersebut yakni Nasik, Allahabad, Ujjain, dan Haridwar. Tahun ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 100 juta orang(sidomi.com).
 Berikut ini foto-foto ritual Maha Kumbh Mela yang diambil dari businessinsider.com:
Over 100 million people Hindu devotees are expected to attend the Maha Kumbh Mela.
And it is expected to generate business worth Rs. 120 billion or $2.2 billion. Authorities have also set up 40,000 toilets and deployed 30,000 policemen.
To prepare for the event, authorities have set up 14 temporary hospitals and 243 doctors are on call, according to the BBC.
Water police rescue one of the sadhus (holy men) stuck in the mid flow at Sangam, the confluence of the rivers Ganges, Yamuna, and mythical Saraswati.
A member of an Indian brass band checks his instrument ahead of the procession.
Naked Hindu holy men wearing marigold garlands bathe in the river.
Hindus believe when Gods and demons fought over a pitcher of nectar a few drops fell in four cities, including Allahabad where this Kumbh Mela is taking place.
Hindus bathe in the confluence of three rivers to wash away their sins.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"