Kamis, 18 Juli 2013

7 Makanan Ini Kaya Vitamin D

Vitamin D merupakan grup vitamin yang larut dalam lemak, disebut juga kalsiferol. Vitamin B ini punya banyak peran dalam pembentukan struktur tulang dan gigi serta meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan.

Vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh terjauh dari berbagai jenis kanker. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan penyakit di antaranya, osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, kanker payudara dan kanker endometrium.

Sebenarnya, vitamin D adalah satu-satunya vitamin yang bisa diproduksi oleh tubuh sendiri. Caranya adalah saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol, seperti dikutip dari wikipedia. Induksi ini disebabkan oleh sinar UVB, yang kemudian senyawa kolekalsiferol akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif vitamin D. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal dan kemudian diedarkan ke seluruh bagian tubuh, terutama tulang dan gigi.

Asupan vitamin D juga bisa Anda temukan di beberapa makanan terbaik yang bisa Anda sajikan setiap hari. Di antaranya adalah:

Ikan salmon
Salmon memiliki kandungan lemak sehat terbaik, termasuk vitamin D. Pilihan ikan lain yang juga kaya vitamin D adalah salmon, tuna, lele, dan mackerel.

Susu
Konsumsi segelas susu setiap hari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D ini bisa diperoleh terutama melalui susu sapi dan susu kedelai.

Serealia
Mengapa disarankan untuk mengonsumsi serealia di pagi hari? Karena serealia kaya akan kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh dan mengenyangkan lebih lama ketimbang menu sarapan lain. Serealia biasanya juga dilengkapi aneka vitamin lain sehingga Anda mendapatkan nilai plus darinya.

Telur
Jangan takut makan kuning telur, karena kuningnya juga kaya kandungan vitamin D. Pun demikian, lebih disarankan untuk mengonsumsi sebutir telur utuh ketimbang memilah di antara kuning atau putihnya saja.

Jus jeruk
Mungkin hal ini akan menjawab pertanyaan Anda, mengapa jus jeruk seringkali disajikan sebagai menu sarapan para bule. Jus jeruk ternyata kaya kandungan vitamin D yang segar. Selain itu, vitamin C-nya juga dibutuhkan tubuh untuk metabolisme tubuh.

Jamur
Aneka jamur-jamuran kaya kandungan vitamin D yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dari lauk hingga tumis sayuran, jamur menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu mencukupi kebutuhan harian vitamin D.
Cukupi kebutuhan aneka makanan dengan semua bahan yang ada di sekeliling Anda yuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"