Jumat, 21 Juni 2013

Mono, Penyakit Yang Disebabkan Oleh Ciuman

Sudah pernah dengar belum, penyakit yang disebabkan gara-gara ciuman?
Sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebut Epstein-Barr virus, seperti dikutip dari Wikipedia, virus ini adalah salah satu tipe virus herpes. Namanya cukup unik, Infectious mononucleosis atau EBV infectious mononucleosis, Pfeiffer's disease, Filatov's disease atau bekennya disebut mono.

Penyakit ini pertama kali dijabarkan oleh Sprunt dan Evans di sebuah bulletin yang disebarkan di Johns Hopkins Hospitals tahun 1920. Gejala yang muncul akibat penyebaran virus ini adalah sakit tenggorokan, demam, gelisah, rasa tidak nyaman di badan, peradangan, mual-mual hingga kehilangan nafsu makan. Penyakit ini juga mempengaruhi beberapa bagian tubuh dan memicu terbentuknya penyakit lain, seperti radang tenggorokan hingga hepatitis.

Infeksi menyebar melalui pertukaran air liur, dan melewati masa inkubasi selama kurang lebih 4-7 minggu. Umumnya, gejala akan dirasakan selama 2-3 minggu dan bertahan selama beberapa bulan lamanya.
Penyakit ini bisa diobati dan sembuh, hanya saja umumnya menyerang seseorang dalam waktu yang cukup lama. Cenderung saat terserang virus orang akan berburu antibiotik sebagai pengobatan dini. Dalam kasus ini, antibiotik tidak dapat membantu meredakan serangan virus.

Yang perlu Anda lakukan apabila mengalami gejala-gejala mono adalah:
  • Hubungi dokter dan minta tes darah
  • Istirahat dan tidur yang cukup sehingga metabolisme tubuh meningkat
  • Minum air yang cukup
  • Makan buah-buahan dan sayuran serta protein
Agar tidak tertular penyakit mono:
  • Hindari bergonta ganti pasangan
  • Pastikan selalu istirahat dan tidur cukup setiap harinya
  • Berolahraga sehingga metabolisme tubuh selalu baik
  • Perhatikan gizi dari makanan yang diasup
Bila gejala tersebut sedang Anda rasakan, akan jauh lebih baik apabila Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan sakit apa yang sedang Anda derita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"