Kamis, 20 Juni 2013

5 Gaya Makan Sehat Yang Mudah dan Nyaman Bagi Pemula

(c) shutterstock.com
Belum terlambat bila Anda ingin mulai memperbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Namun, tidak harus berhenti mendadak karena tubuh Anda perlu proses alamiah untuk beradaptasi.
Nah, beberapa tips dan trik di bawah ini, cocok bagi Anda yang ingin mencoba hidup sehat dengan lebih mudah dan nyaman.

1. Sebisa Mungkin Konsumsi Masakan Rumah
Ladies, sesederhana apapun masakan rumah, tetap jauh lebih sehat dan terjamin dari masakan di luar. Konsumsilah banyak makanan yang terbuat dari sayuran dan buah segar dengan aneka warna agar tampilannya menarik.
Gunakan bumbu rahasia yang diajarkan ibu dan nenek Anda. Say no untuk MSG. Garam, gula, merica, bawang serta rempah alami bisa memberi Anda rasa yang lebih homy dan aman.

2. (Almost) No More Junkfood
Makanan seperti ini memang nikmat. Kandungannya kaya garam,gula, MSG dan lemak. Hmm.. nikmat atau mengerikan ya? Well, secara bertahap, kurangi asupan junkfood dan fast food. Yang tadinya hampir setiap hari, kurangi jadi seminggu sekali, dua minggu sekali hingga hampir tidak sama sekali.
Mengurangi makanan cepat saji ibarat melakukan diet. Anda tak bisa langsung melakukan diet ketat, harus melakukan diet yang bertahap hingga tubuh Anda menemukan siklus alaminya.

3. Kreasi Seru Dengan Sayur dan Buah
Anda bisa mulai berimprovisasi dengan membuat sayur dan buah menjadi sebuah masakan yang seru. Anda bisa membuat salad atau berbagai jenis sundae buah-buahan yang nikmat.
Bila Anda memasaknya, jangan overtime cook karena akan mengurangi vitaminnya. The fresher, the healthier. Jangan buat buah dan sayur hanya sebagai garnish, perbanyak komposisi makanan berserat tinggi ini supaya kebutuhan vitamin Anda terpenuhi.

4. Kualitas Daripada Kuantitas
Jangan makan untuk memenuhi space perut Anda, tapi makanlah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Kebanyakan orang akan makan sampai kenyang, padahal hal tersebut membuat Anda lebih cepat ngantuk dan malas.
Tips agar Anda makan dengan nikmat tanpa kekenyangan namun nutrisi tercukupi adalah dengan konsumsi makanan sehat secara perlahan. Hal ini akan membuat Anda tidak terlalu kenyang, tapi tidak cepat lapar.

5. Mengurangi Konsumsi Hewani
Mengurangi konsumsi hewani bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsinya. Hanya saja, tubuh kita didesain dengan kebutuhan yang tinggi akan protein nabati. Tahu dan tempe mungkin tak senikmat ayam goreng, tapi kandungannya lebih sehat bila dikonsumsi lebih banyak. 
Konsumsi lauk pauk hewani secukupnya dan perbanyak sayur serta buah. Selain membuat Anda lebih sehat, juga membuat Anda lebih kebal dari penyakit dan mempercepat regenerasi sel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"