Jumat, 21 Juni 2013

7 Rahasia di Balik Nama Band Yang Pakai Angka

Pernahkah pertanyaan itu terpikir olehmu? Kenapa harus Blink 182 atau U2? Kenapa tidak Blink 185 misalnya, atau U37? Atau apapun, lah.
Mempertanyakan hal yang sama, kami menurunkan tulisan mengenai hal itu. Nah, setelah membacanya, kamu tak perlu lagi penasaran. Selamat menikmati!

1. 311

Band ini sangat terkenal gara-gara lagu Love Song, namun sebenarnya 311 tidak bisa dianggap band amatir. Dulu, pernah tercetus anggapan 311 adalah pendukung Ku Klux Klan, semacam organisasi rasisme, gara-gara K merupakan huruf ke-11 dalam urutan abjad. Dalam artian lain, ada 3 kali huruf K = KKK (Ku Klux Klan).
Setelah sebuah sekolah mencekal semua merchandise band 311 karena salah paham itu, mereka akhirnya angkat suara dalam press rilis yang diedarkan luas. "Nama 311 diambil dari kutipan seorang polisi Omaha yang mengistilahkan kata tak senonoh. Waktu itu, kami pikir istilah itu lucu."

2. Sum 41

Kamu rindu dengan band ini? Belum terlambat untuk mengetahui bahwa nama Sum 41 disepakati karena para personelnya setuju untuk mengubah nama dari Kaspir menjadi Sum 41 pada hari ke-41 di musim panas (summer, sum-mer) tahun 1996.

3. Blink 182

Asal kamu tahu, BLINK sendiri sebenarnya punya singkatan, yaitu Boys Lusting Incredibly Nude Kids. Setidaknya, itu sih pengakuan Tom yang memang mengucapkan apapun yang ada di pikirannya.
Namun menurut sejarah, sudah ada band tekno dari Irlandia yang juga punya nama Blink. Daripada ribut-ribut, Mark Hoppus, Tom DeLonge dan Travis Barker menambahkan 182, jumlah total aktor Al Pacino mengumpat dalam film SCARFACE.

4. 30 Seconds to Mars

Menurut sang frontman, Jared Leto, "30 Seconds to Mars bisa punya banyak arti. Yang paling penting, dia merepresentasikan musik kami. Semacam frase yang sugestikal terhadap lirik kami, cinematic, punya kedekatan terhadap penggemar."

5. Nine Inch Nails

Menilik kecerdasan super Trent Reznor, ada dua kemungkinan. Satu, paku yang digunakan untuk menyalib Tuhan dalam agama Nasrani adalah sepanjang sembilan senti. Dua, penjelasan membosankan sang vokalis, "Nama Nine Inch Nails terlihat bagus dituliskan dan mudah dibuat simbolnya."

6. Matchbox Twenty

Dulu, penulisan nama band ini adalah Matchbox 20. Ceritanya, angka 20 itu datang ketika Paul Douchette yang waktu itu belum jadi drummer band (karena Matchbox 20 belum lahir), sedang termangu-mangu di restoran miliknya, ketika seorang pelanggan melangkah masuk.
"Ada tulisan angka 20 yang sangat besar di baju orang itu, juga banyak sekali emblem. Emblem yang paling besar tulisannya 'matchbox'," tutur Paul.

7. U2

Di era 70an, U2 masih bernama Hype. Saat itu, mereka sendiri sudah tak nyaman dengan nama tersebut. Bono dan kawan-kawan kemudian bertanya kepada Steve Averill yang kini menjadi bertanggung jawab atas desain U2.
"Adam Clayton (bas) suka nama yang pendek dan tajam, sangat bermakna atau malah tidak ada artinya. Jadi aku mengarang sepuluh nama dan menuliskannya. U2 ada di nomer sepuluh. U2 adalah tulisan yang kuat secara grafis dan punya banyak konotasi. Dia juga sangat pendek dan waktu itu, menonjol dibandingkan nama band-band lain yang ada," jelas Steve.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"