Selasa, 18 Juni 2013

10 Foto Pemandangan Menakjubkan di Luar Angkasa

Keindahan angkasa malam saat dilihat dari bumi dengan mata telanjang sangatlah mengagumkan. Pemandangan itu jauh lebih indah lagi saat dilihat dengan teleskop khusus luar angkasa.
Tidak semua orang bisa menyempatkan diri pergi ke planetarium atau berkunjung ke observatorium, kalau di Indonesia bisa dilihat di Boscha. Jarak yang jaauh dan harga teleskop luar angkasa yang mahal membuat kebanyakan orang hanya menikmati indahnya luar angkasa dengan mata telanjang, seadanya saja.
Namun keindahan luar angkasa yang terlewatkan mata telanjang, bisa dilihat disini. Ada 10 pemandangan luar angkasa yang menakjubkan yang bisa kamu lihat di halaman berikut ini..

1. Crab Pulsar
Crab Pulsar
Ini adalah magnet bintang neutron yang berukuran hampir sebesar sebuah kota. Magnet ini berputar 30 kali per detik, dan pada gambar yang dilakukan dengan sinar X, memberikan gambaran yang jelas dari batas rumit Crab Pulsar.
Gambar ini diabadikan oleh Chandra Observatory. Massa Crab Pulsar sendiri lebih besar dari massa matahari, putaran pulsar sendiri adalah hasil dari runtuhnya sebuah bintang masiv. Runtuhan bintang masiv itu menghasilkan ledakan supernova yang pernah disaksikan pada tahun 1054.

2. Bulan Terpotong
Bulan Terpotong
Ini adalah gerhana bulan sebagian yang tertangkap kamera di Pakistan. Bulan purnama yang begitu besar, 'terpotong' sebagian dengan bentuk yang sungguh menakjubkan.
Foto ini diambil pada 22 Juli 2009. Sebuah pemandangan yang sangat indah.

3. Eta Carinae
Eta Carinae
Eta Carinae adalah sistem bintang di konstelasi Carina, jaraknya sekitar 7.500 - 8.000 tahun cahaya matahari. Sistem ini mengandung setidaknya dua bintang, salah satunya adalah variabel bintang bercahaya biru.
Kombinasi luminositas menghasilkan empat kali milik matahari dan memiliki massa 100 kali massa matahari.

4. Nebula Kotak
Nebula Kotak
Nebula adalah awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma dengan kerapatan rendah, jauh lebih rendah daripada kerapatan air. Hanya saja, karena dilihat dari jauh, maka tampak seperti gumpakan.
Ada beberapa teori mengenai bentuk awan Nebula, ada yang menyatakan kalau bentuknya silinder, namun juga ada yang berhasil memotret Nebula saat berbentuk kotak dengan dalaman silinder.

5. Stasiun Luar Angkasa Internasional
Stasiun Luar Angkasa Internasional
Dikenal dengan nama beken ISS, Internasional Space Station, 'kantor' di luar angkasa ini terlihat mengesankan setelah ia diluncurkan. Mengorbit di atas bumi dengan puluhan panel surya, gulungan dan modul, membuat ISS terlihat menakjubkan.
Karena posisinya yang cukup rendah, ISS seringkali bisa dilihat dengan mata telanjang dari lokasi yang tepat di bumi. ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian gaya berat mikro dan lingkungan ruang, dimana awak ISS melakukan eksperimen dalam bidang biologi, biologi manusia, fisika, astronomi, meteorologi dan bidang lainnya.
Stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat pengujian pesawat ruang angkasa, juga menyediakan sistem dan peralatan yang dibutuhkan untuk misi ke bulan dan ke Mars.
Sejak pertama kali didirikan, stasiun ini sudah ditempati selama 12 tahun. Stasiun ini dilayani oleh pesawat ruang angkasa Soyuz, Progress, Transfer Vehicle Otomatis, H-II Transfer Vehicle dan Dragon. Stasiun ini juga telah dikunjungi astronot dan kosmonot dari 15 negara di dunia.

6. Permukaan Merkurius
Permukaan Merkurius
Ini adalah gambar yang berhasil dikirim oleh MESSENGER ke bumi dari planet Merkurius. Begitu jelasnya gambar yang berhasil ditangkap pada 8 Oktober 2008 tersebut, sehingga seolah-olah kita bisa menyentuh permukaan planet pertama dari galaksi Bima Sakti tersebut.

7. Lautan Bintang
Lautan Bintang
NGC 290 adalah ruang terbuka di Small Magellanic Cloud yang terletak di konstelasi Tucana. Ruang ini diabadikan dengan menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble .
Ruang terbuka dalam rasi bintang ini terdiri dari beberapa bintang muda, dan lebih banyak bintang biru daripada bintang merah. Seperti lukisan yang terpapar di jagatraya, indah bukan?

8. Pasir Mars
Pasir Mars
Atmosfer di Mars sangat tipis sehingga benda cair cepat membeku dan cepat pula menguap di sana. Namun kencangnya hembusan angin di Mars membuat bukit pasir besar tampak mengalir dan terkadang tampak menetes seperti cairan.
Foto di atas adalah saat dimana musim berubah di Mars, dari musim semi ke musim panas. Kuatnya hembusan angin membuat pasir seolah-olah seperti air yang menetes.

9. Cincin Saturnus
Cincin Saturnus
Siapa yang tidak tahu cincin Saturnus? Namun pernahkah melihat bahwa ternyata cincin Saturnus saat dilihat dari sudut yang tepat ternyata sangat menakjubkan. Lihat saja gambar di atas, foto ini berhasil ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tahun 2006. Cassini tengah melintas di belakang cincin gas raksasa tersebut pada saat menjalankan misi ke-9 nya. Sebuah pemandangan yang luar biasa.

10. Lidah Matahari
Lidah Matahari
Badai matahari, yang efeknya bisa dirasakan sampai ke bumi, mempunyai penampakan yang menakjubkan. Sebuah bola besar yang menyala dengan warna orange kemerahan, menyemburkan lidah api yang sangat tinggi ke angkasa.
Badai ini terjadi pada 29 September 2008 dan menyebabkan tingginya tingkat radiasi ultra violet di bumi. Badai matahari adalah pancaran gelombang elektromagnetik terkait dengan lontaran massa korona yang sanggup melemparkan partikel berenergi dari matahari ke antariksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"